Kapan Waktunya Ganti Timing Belt Pada Mitsubishi Pajero Sport

Kapan Waktunya Ganti Timing Belt Pada Mitsubishi Pajero Sport

Kita ketahui bahwa kendaraan mitsubishi pajero sport yang lama masih menggunakan timing belt.Berbeda untuk all new pajero sport type dakar kendaraan baru sudah menggunakan timing chain sehingga bebas perawatan.Timing dahulunya digunakan karena simple dan juga lebih halus suaranya,maka untuk itu banyak kendaraan mitsubishi menggunakan timing belt.

Dengan bertambahnya teknology dan temuan-temuan baru maka sekarang banyak kendaraan mitsubishi menggunakan timing chain atau menggunakan rantai.Berbeda dengan timing chain dahulu dengan teknologi baru engine dengan penggerak timing chain lebih halus dan hampir sama dengan engine type timing belt.

Untuk timing chain tidak perlu dilakukan penggantian sehingga bebas perawatan dan terhindar dari timing chain putus.Usia pemakaian timing chain selamanya dimana tidak ada suara berisik atau noise yang timbul dari timing chain.Ketika penggantian oli mesin secara rutin maka umur timing chain akan lebih awet karena dilumasi menggunakan oli mesin.

Baca juga Pemilihan filter solar yang tepat pada mitsubishi pajero sport

Berbeda dengan timing belt ada waktu penggantian secara berkala agar tidak putus waktu kendaraan berjalan.Karena terbuat dari karet maka perlu penggantian secara berkala.Kualitas karet timing belt akan berubah menjadi keras dan gigi timing belt pisah rontok karena usia.Berapakah waktu ganti timing belt kendaraan pajero sport berikut penjelasanya.

Timing belt dari pabrik menganjurkan diganti secara berkala setiap 100.000 km namun jika anda pembeli mobil second atau mobil bekas wajib mengetahui riwayat kendaraan tersebut.Karena banyak terjadi angka odometer di turunkan lebih rendah sehingga membuat harga jual kendaraan semakin tinggi.

Jika was-was maka segera periksakan kondisi timing belt kendaraan anda sehingga nanti bebas dari timing belt putus ketika kendaraan berjalan.Akan beraibat fatal jika terjadi putus pada timing belt ini.Valve akan menabrak piston dan akhirnya bengkok.Juga rumah rock arm bisa patah dan lain sebagainya.

Artikel lainya
Cara mengoperasikan padle shift pada pajero sport
Penyebab suara abnormal saat belok pada mobil
Share This :