Wajib Ganti BEARING TENSIONER Saat Penggantian Timing Belt

Wajib Ganti BEARING TENSIONER Saat Penggantian Timing Belt


Semua kendaraan yang penggerak engine menggunakan timing belt itu harus diganti secara berkala.Jadi timing belt yang terbuat dari karet ada usia pakai di mobil.Apabila tidak diganti maka bisa terjadi timing belt putus .Kalau sampai terjadi demikian maka bisa merusak mesin untuk system valvenya.

Untuk penggantian timing belt dilakukan secara berkala setiap 100.000 kilometer disemua kendaraan.Ada juga yang di 80.000 km sudah diganti karena timing belt sudah mulai retak.Hal itu terjadi karena kendaraan digunakan untuk kebut-kebutan,jalan yang sering menanjak atau kendaraan untuk beban muatan berat. 

Penggantian timing belt harus dilakukan agar tidak terjadi kerusakan.Diganti semua komponen part timing belt secara assy.Termasuk seal,bearing tensioner dan juga timing belt itu sendiri.Apabila tidak diganti maka kemungkinan untuk seal yang tadinya tidak bocor bisa jadi dalam waktu 6 bulan bisa terjadi remebsan oli dan harus bongkar lagi.

Kerja dua kali keluar masuk bengkel dan juga biaya service akan semakin bertambah.Begitu juga untuk bearing teensionernya juga perlu dilakukan penggantian sehingga kendaraan akan aman dan nyaman dalam berkendara.

Bearing tensioner meskipun masih dalam keadaan bagus ternyata didalam bearing ada sebuah grease sebagai pelumas ketika bearing tersebut berputar.Bisa jadi dari kendaraan baru sampai umur 4 tahun baru diganti timing belt bersamaan dengan bearing tensionernya.

Apabila tidak diganti dan kondisi masih dalam keadaan bagus harus diperiksa dari kekocakan bearing tersebut.Atau bisa dikasih grease ulang agar pelumasan dibearing tetep terjadi sehingga bearing akan menajdi seperti sedia kala dengan pelumasan yang baik. 

Baca juga Penyebab AC Mobil Tidak keluar udara_AC Panas

Bagi anda yang punya kendaraan dan sudah waktunya ganti timing belt maka sebaiknya lakukan penggantian timing belt assy bersamaan dengan bearing dan juga sealnya agar tidak terjadi pekerjaan ulang.Namun itu semua butuh dana lebih jika komponen part diganti semua.


Dengan biaya yang lebih mahal sedikit tidak apa-apa karena untuk penggatian timing belt juga dalam waktu jangka yang lama sekali sesuai kilometernya yaitu kurang lebih 100.000 km.Jadi biaya banyak untuk setiap 4 tahun sekali demi kenyaman dalam berkendara.

Info service Penyebab PAJERO SPORT Tidak bisa jalan Posisi D


Share This :