Masalah Yang Sering Terjadi Di Kendaraan Mitsubishi Pajero Sport I Brake System

Masalah Yang Sering Terjadi Di Kendaraan Mitsubishi Pajero Sport I Brake System


Ketika berkendara dan saat itu timbul atau muncul bunyi yang abnormal maka akan membuat driver akan merasa terganggu.Hal ini terjadi pada kendaraan mistsubishi all new pajero sport.Dimana pada remnya sering terjadi suara abnormal ketika dilakukan pengereman.

Saat itu customer mengeluhkan remnya tiba-tiba bunyi mendecit saat dilakukan pengereman.Suara kasar seperti gesekan antara besi dengan besi.Saat itu customer sedang dalam perjalanan dan karena sudah kenal sama saya maka customer tersebut memberikan info lewat telepon.

Setelah penjelasan panjang lebar dari pemilik kendaraan maka disitu saya dapat simpulkan bahwa rem mengalami masalah dan kemungkinannya adalah kampas rem telah aus.Setelah saya memberikan informasi agar segera kendaraan dibawa ke bengkel esok harinya.

Datanglah kendaraan customer mitsubishi all new pajero sport ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan terhadap system remnya.Semua roda dibongkar dan juga bagian brake syste di lakukan pemeriksaan.Ternyata benar msalah dari kampas rem yang sudah aus dan tipis pada roda depan.

Sehingga perlu dilakukan penggantian secara assy yaitu sebelah kanan dan kiri untuk roda depan.Sekalian untuk rem depan dibersihkan dengan brake cleaner dan disemprot dengan tekanan udara dari kompresor.Agar kotoran dan debu yang menempel di brake system tidak menempel lagi dan menjadi bersih.Dengan begitu rem akan menjadi lebih pakem.

Rem yang baru saat dipasang perlu dilakukan pemeriksaan pada bagian disc brakenya.Karena tadi timbul suara seperti gesekan maka kemungkinan kampas rem dan piringan rem atau disc brake saling bergesekan.Maka akan timbul keausan baik di kampas rem atau disc pad dan juga di piringan cakramnya atau disc brake.

Dengan dics brake yang telah aus dan tidak rata karena bekas gesekan kampas rem yang sudah tipis maka perlu dilakukan bubut pada disc brake nya.Jika dibiarkan maka dengan kampas rem yang baru akan membuat rem menjadi judder saat digunakan pada kecepatan tinggi.Selep disc brake sangat diperlukan agar permukaan disc brake menjadi rata kembali.




Biasanya untuk roda depan yang aus pada kampas remnya secara merata baik di roda sebelah kanan dan kiri.Keausan rata dan tipisnya pun sama,sehingga jika terjadi keausan sebelah dimana kampas rem sebelah kanan lebih cepat habis dibandingkan dengan sebelah kiri maka ada kemungkinan lain penyebab trouble tersebut.

Untuk penyebabnya apa akan kita bahas di artikel selanjutnya.Maka perlu sekali saat membongkar rem baik itu roda depan atau belakang perlu dilakukan pelumasan pada bagian brake system.Dari kaliper roda depan dan juga pada brake shoe roda belakang.Karena menggunakan system hidrolik untuk system pengeremanya,maka untuk gerak bebas dari kaliper dan kampas rem juga harus diperhatikan.

Untuk kampas rem depan sebaiknya menggunakan genuine part karena jika menggunakan kampas rem yang imitasi bahanya berbeda memang awet dan tidak cepat aus sehingga pemakaian kampas rem akan menjadi lebih lama.Namun dibalik semua itu ada kerugianya yaitu karena kampas keras yang akhirnya jika rem panas dan sering digunakan maka akan timbul suara abnormal kembali.


Meskipun kampas masih tebal dan baru ,suara abnormal tersebut akan muncul.Kemungkinan yang aus bukan kampas rem akan tetapi disc brakenya.Harga kampas rem dengan disc brake lebih mahal disc brakenya sehingga lebih baik menggunakan kampas rem asli original dari mitsubishi.
Share This :