Ketika berkendara dan saat itu timbul atau muncul bunyi yang
abnormal maka akan membuat driver akan merasa terganggu.Hal ini terjadi pada
kendaraan mistsubishi all new pajero sport.Dimana pada remnya sering terjadi
suara abnormal ketika dilakukan pengereman.
Saat itu customer mengeluhkan remnya tiba-tiba bunyi mendecit saat
dilakukan pengereman.Suara kasar seperti gesekan antara besi dengan besi.Saat
itu customer sedang dalam perjalanan dan karena sudah kenal sama saya maka
customer tersebut memberikan info lewat telepon.
Setelah penjelasan panjang lebar dari pemilik kendaraan maka
disitu saya dapat simpulkan bahwa rem mengalami masalah dan kemungkinannya
adalah kampas rem telah aus.Setelah saya memberikan informasi agar segera
kendaraan dibawa ke bengkel esok harinya.
Datanglah kendaraan customer mitsubishi all new pajero sport ke
bengkel untuk dilakukan pemeriksaan terhadap system remnya.Semua roda dibongkar
dan juga bagian brake syste di lakukan pemeriksaan.Ternyata benar msalah dari
kampas rem yang sudah aus dan tipis pada roda depan.
Sehingga perlu dilakukan penggantian secara assy yaitu sebelah
kanan dan kiri untuk roda depan.Sekalian untuk rem depan dibersihkan dengan
brake cleaner dan disemprot dengan tekanan udara dari kompresor.Agar kotoran
dan debu yang menempel di brake system tidak menempel lagi dan menjadi
bersih.Dengan begitu rem akan menjadi lebih pakem.
Rem yang baru saat dipasang perlu dilakukan pemeriksaan pada
bagian disc brakenya.Karena tadi timbul suara seperti gesekan maka kemungkinan
kampas rem dan piringan rem atau disc brake saling bergesekan.Maka akan timbul
keausan baik di kampas rem atau disc pad dan juga di piringan cakramnya atau
disc brake.
Dengan dics brake yang telah aus dan tidak rata karena bekas
gesekan kampas rem yang sudah tipis maka perlu dilakukan bubut pada disc brake
nya.Jika dibiarkan maka dengan kampas rem yang baru akan membuat rem menjadi
judder saat digunakan pada kecepatan tinggi.Selep disc brake sangat diperlukan
agar permukaan disc brake menjadi rata kembali.
Info service Lokasi dan nama fuse pada truck fuso canter
Biasanya untuk roda depan yang aus pada kampas remnya secara
merata baik di roda sebelah kanan dan kiri.Keausan rata dan tipisnya pun
sama,sehingga jika terjadi keausan sebelah dimana kampas rem sebelah kanan
lebih cepat habis dibandingkan dengan sebelah kiri maka ada kemungkinan lain
penyebab trouble tersebut.
Untuk penyebabnya apa akan kita bahas di artikel selanjutnya.Maka
perlu sekali saat membongkar rem baik itu roda depan atau belakang perlu
dilakukan pelumasan pada bagian brake system.Dari kaliper roda depan dan juga
pada brake shoe roda belakang.Karena menggunakan system hidrolik untuk system
pengeremanya,maka untuk gerak bebas dari kaliper dan kampas rem juga harus
diperhatikan.
Untuk kampas rem depan sebaiknya menggunakan genuine part karena jika
menggunakan kampas rem yang imitasi bahanya berbeda memang awet dan tidak cepat
aus sehingga pemakaian kampas rem akan menjadi lebih lama.Namun dibalik semua
itu ada kerugianya yaitu karena kampas keras yang akhirnya jika rem panas dan
sering digunakan maka akan timbul suara abnormal kembali.
Meskipun kampas masih tebal dan baru ,suara abnormal tersebut akan
muncul.Kemungkinan yang aus bukan kampas rem akan tetapi disc brakenya.Harga
kampas rem dengan disc brake lebih mahal disc brakenya sehingga lebih baik
menggunakan kampas rem asli original dari mitsubishi.
Share This :
comment 0 comments
more_vert