Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Kendaraan Nissan Grand Livina

Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Kendaraan Nissan Grand Livina

Disini sebagai mekanik bengkel saya akan memberikan informasi mungkin yang sangat berguna bagi pemilik kendaraan atau mekanik yang bekerja di dunia otomotif.Karena sering saya temui kerusakan yang terjadi pada kendaraan nisaan yang mengalami engine brebet saat ac menyala dan dilakukan akselerasi.

Cara sederhanya adalah saat terjadi mbrebet kita curiga langsung di system pengapian.Untuk itu setipa kabel yang masuk ke coil setipa cylinder kita lepas satu persatu.Misal untuk coil no satu kita lepas socketnya dan tidak ada perubahan getaran engine maka dipastikan coil atau busi tersebut rusak atau mati.

Berbeda jika socket kita lepas namun terjadi perubahan getaran engine menandakan bahwa coil tersebut masih normal.Karena jika ada pengapian engine akan berpuat stasioner dengan baik,apabila tiba-tiba pengapian diputus maka akan terjadi perubahan getaran engine.

Lakukan satu persatu disetiap socket busi dan tentukan yang tidak ada perubahan getaran engine pada posisi di coil nomer berapa.Untuk menyakinkan lagi coil yang bermasalah maka coil tersebut pindah ke lubang busi yang sebelahnya yang masih normal.Jika trouble pindah ke lubang busi yang lain maka dipastikan coil rusak.

Baca juga Symbol temperatur digital pada mobil baru

Ganti coil yang rusak kemudian pasang kembali di kendaraan.Karena coil pada nissan modelnya adalah coil plug on top yaitu coil yang langsung menjadi satu dengan kabel busi,[ower transistornya.Tinggal menancap di atas busi dan di ikat dengan sebuah baut.

Untuk membuka coil no dua dan tiga diperlukan membuka intake manifold terlebih dahulu.Karena intake manifold menutupi cylinder head.Posisinya melingkar menutupi diatas coil cylinder no dua dan tiga.Jadi ketika harus ganti coil no tersebut harus buka intake manifold.
Share This :