BAHAYA Ternyata !!! Efek Jangka Panjang Jika Mobil Sering Pakai OLI PALSU

BAHAYA Ternyata !!! Efek Jangka Panjang Jika Mobil Sering Pakai OLI PALSU

Pemakaian oli mesin yang baik perlu dilakukan untuk merawat mobil anda.Pilih merk yang  berkualitas sehingga kondisi mesin akan selalu terjaga dengan baik sehingga akan awet dan tahan lama.

Seberapa rutinkah anda mengganti oli mesin bersama dengan filter oli di kendaraan anda.Pakai oli jenis apa dan sering menggunakan merk apa.Karena mobil yang tidak dirawat dengan baik akan berpotensi cepat rusak,terjadi kerusakan di banyak kompponen sehingga anda akan keluar biaya banyak sekali.

Bermacam-macam karakter pemilik mobil yang merawat dengan baik mobilnya dan yang tidak merawat dengan baik kendaraanya akan kita ketahui.Karena saya pernah menemukan kendaraan datang ke bengkel untuk melakukan service mesin.

Hanya datang untuk melakukan engine tune up saja dengan keluhan mesin agak kasar.Maka langsung dilakukan pemeriksaan valve karena engine posisi masih panas.Langkah terkejutnya melihat kondisi ruang valve yang idak beraturan.

Seperti ada lumpur di system valve yang sudah mengering.Ada sebagian juga yang masih basah dan menggumpal hitam.Sehingga membuat pergerakan valve tidak normal dan juga lubang jalur oli sebagian ada yang tertutup oleh kotoran tersebut.Membuat pelumasan tidak lancar dan valve menjadi berisik.

Baca juga Tips Mudah Merawat Battery / AKI Pada Mobil

Kasus seperti ini ternyata di akibatkan oleh pemilihan jenis oli yang tidak recomended.Bisa jadi memakai oli murah yang tidak jelas mereknya.Dan penggantian oli mesin juga tidak rutin sehingga ada kotoran menumpuk berupa carbon.

Dengan adanya kondisi seperti itu maka akan merusak komponen yang berputar seperti piston,metal jalan dan metal duduk akan cepat aus karena pelumasan yang jelek.Dengan memilih oli yang murah karena mau irit malah bisa membuat anda keluar biaya banyak karena terjadi kerusakan yang fatal.

Info service Penyebab TRANSMISI ALot Susah Masuk Gigi Pada Mobil

Jika sudah terjadi seperti ini maka sebaiknya lakukan engine over houle untuk pemeriksaan di kondisi carter,crankshaft dan yang lainnya.Semuanya di bersihkan dari carbon yang menempel di komponen engine agar jalur pelumasan dapat mengalir dengan baik.

Share This :