Rem sering terjadi masalah yang terjadi pada mobil.Entah itu remnya bunyi,rem panas atau rem yang kadang ambes.Karena rem itu fngsinya sangat penting sekali maka jika terjadi suatu masalah segeralah ke bengkel untuk perbaikan.
Dalam pembahasan kali ini yaitu
tentang rem yang mengalami panas terutama pada rem di roda depan.Ketika itu
datang pelanggan untuk service ke bengkel dan mengeluhkan remnya terasa
panas.Panas hanya dibagian depan kanan.Dan untuk yang kiri tidak begitu panas
dibandingkan dengan rem yang kanan.
Mobil yang baru datang langsung kami cek kondisi peleknya dan
ternyata untuk remnya bagian kanan depan panas dan yang kiri hanya hangat
saja.Tentunya ini bermasalah untuk rem depanya.Mobil di dongkrak dan dikasih
jackstand.
Kemduian roda diputar ternyata untuk rem depan kanan putaranya
tidak lancar dan terasa ada yang menahan.Berbeda untuk yang sebelah kiri itu
putaranya lancar sekali.Maka langsung dilakukan over houle untuk roda depan
kanan.
Kami menginformasikan untuk yang sebelah kiri sekalian dibersihkan
dan perlu over houle agar nantinya seimbang agar tidak terjadi rem
mbanting.Atau nantinya setelah yang kanan di perbaiki penyakit pindah ke roda
kiri dalam beberapa minggu.
Atas saran dari kami pelanggan setuju untuk sekalian service rem
di dua roda depan.Untuk yang kanan ternyata kotoran didalam rumah kaliper sudah
terlalu banyak.Kaya debu halus didalam minyak rem yang mengganggu kinerja dari
piston untuk bergerak maju dan mundur.
Dengan adanya kotoran maka membuat rem menjadi tidak lancar dan
sedikit macet.Dibersihkan dengan amplas halus pada rumahnya dan juga pada
pistonya.Di cuci dengan sabun kemudian dibilas dan dikeringkan dengan angine
kompresor.
Info teknik Fungsi water separator pada diesel engine
Seal masih dalam keadaan bagus sehingga dipasang kembali.Semuanya
sudah terpasang dan perlu untuk bleding minyak rem dengan mengganti minyak rem
yang baru.Sekalian untuk roda belakang dikuras minyak remnya dengan cara dibleding
tadi.
Penggantian minyak rem seharusnya dilakukan secara berkala agar seal di dalam system rem selalu dalam keadaan awet.Seal tidak cepat rusak karena minyak rem yang kotor dan berubah warna menandakan ada kotoran didalamnya.
Baca juga Tips mudah dan murah merawat aki mobil
Semuanya sudah selesai dan tinggal test driver jalan.Berjalan beberapa kilometer dengan jalan banyak turunan sambil direm berkali-kali.Sampai di bengkel kami cek kondisi peleknya dan ternyata kedua roda depan dalam kondisi hangat normal.Sudah berbeda dari kondisi sebelumnya.Begitu juga saat roda diangkat dan diputar maka keduanya lancar tidak ada yang menahan.Proses perbaikan sudah selesai dan pelanggan puas akan pelayanan bengkel kita.
comment 0 comments
more_vert