Pada topik ini saya akan membahas bagaimana jika suata saat solar anda habis sehingga akan masuk angin dan akhirnya mogok tidak bisa di starter.Hal ini sering terjadi terutama pada kendaraan yang berbahan bakar diesel,contohnya kendaraan mitsubishi canter.
Waktu canter pertama keluar dulu bila terjadi masuk angin atau solar yang telat maka proses bleeding solar itu sangat sulit sekali sampai batery tekor mesin tidak mau hidup.bayangkan jika anda di daerah yang sepi terjadi mogok karena solar masuk angin di tambah lagi jika battery di buat menghidupkan mesin sampai tekor,lengkap sudah penderitaannya,hahahahah....
Tapi jangan kuatir karena saya punya tips dan cara bagaimana jika kendaraan anda masuk angin atau solar yang telat pada mitsubishi canter anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus memanggil bengkel sehingga anda tidak mengeluarkan biaya untuk membayar bengkel.
Pertama-tama pastikan bahwa solar di dalam tangki anda tidak kosong karena meskipun anda bleeding sampai berkali-kali mesin tidak akan hidup,percuma buang tenaga.Setelah bahan bakar pasti sudah ada maka kita lihat pada injection pump atau boschpomp yang terletak di sebelah kiri dari mesin.
Sebelum kita mengarah untuk bleeding di area boschpomp maka kita bleding dulu pada bagian atas filter solar.Caranya buka baut penutup pada bagian atas filter solar kemudian pompa priming pump pada boschpomp sampai solar dan gelembung udara keluar semua dari dalam saluran bahan bakar.Jika solar yang keluar sudah bening tidak bercampur gelembung maka di pastikan udara di saluran bahan bakar sudah hilang dan mesin sudah siap di starter.
Apakah mesin sudah bisa hidup?
Syukur kalau dengan cara di atas mesin sudah hidup maka bersihkan bekas solar tadi di atas filter solar dengan air agar untuk mengetahui apakah baut yang kita buka tadi terjadi rembesan atau sudah normal.
Jika saat kita starter mesin masih tidak mau menyala maka lakukan langkah berikut ini yaitu buka baut pada boschpom bagian depan yang di tunjuk panah merah seperti pada gambar di atas.kemudian pompa priming pump sampai solar yang bersih dan bening keluar dari lubang tersebut.
Jika telah selesai tutup kembali lubang tersebut dan kencangkan jangan sampai terlalu kencang karena bisa berakibat baut tadi loss atau tidak bisa kencang dan akhirnya malahn solar rembes.Saat selesai proses bleeding yang terakhir ini lakukan juga siram dengan air.Lalu coba kendaraan di starter gimana hasilnya mesin langsung hidup.
Setelah kendaraan berjalan beberapa kilometer atau saat anda istrihat coba periksa kembali kedua baut tadi yang di lepas apakah benar-benar tidak ada rembesan solar pada bagian tersebut.
Share This :
comment 0 comments
more_vert