Salah Satu Penyebab Kendaraan Bisa Terbakar Dan Cara Mengatasinya

Salah Satu Penyebab Kendaraan Bisa Terbakar Dan Cara Mengatasinya

Pada umumnya terjadinya kebakaran pada kendaraan terjadi karena beberapa faktor, seperti kurangnya perawatan pada kendaraan. Apabila melakukan pengecekan secara berkala sesuai anjuran pihak pabrikan maka masalah Mobil terbakar bisa dihindari. Mengingat banyaknya kebakaran Mobil terjadi karena kasus korsleting kabel atau mesin terlalu panas. Apalagi ditambah cuaca yang ekstrim tentunya lebih mudah si jago merah melalap kendaraan.

1. Kabel kendor atau sobek

Mobil terdapat banyak komponen kelistrikan untuk mendukung kenyamanan berkendara. Dalam hal ini akan terdapat banyak kabel yang berfungsi sebagai penyalur daya listrik yang pusatnya dari baterai atau aki Mobil. Apabila ditemukan kabel yang kendor segera dikencangkan, apalagi terkelupas, sobek karena beberapa hal tentunya harus segera diatasi. Kalau bisa jangan ditambal menggunakan plester karena bisa menimbulkan bahaya saat terkena percikan api.
Kabel yang kendor dapat memercikkan bunga api, begitu juga saat ada yang sobek. Tentunya hal ini sangat berbahaya karena beresiko menimbulkan kebakaran pada kendaraan. Ditambah lagi saat musim panas yang membuat udara sekitar menjadi panas, sehingga kebakaran akan lebih mudah terjadi.

2. Radiator bermasalah

Pendinginan yang  baik pada radiator dapat membuat mesin Mobil tidak akan mengalami panas yang berlebih. Dengan begitu resiko terjadinya Mobil terbakar dapat dihindarkan. Dalam tahapan ini alangkah baiknya selalu merawat radiator Mobil secara berkala, seperti mengecek kondisinya apakah ada kebocoran atau tidak. Selain itu, pengecekan air radiator juga diperlukan supaya tetap berada di atas batas minimalnya.
Masih persoalan pada radiator, saat mengisi cairan radiator sebaiknya menggunakan cairan coolant khusus radiator supaya kinerjanya tetap maksimal dan pendinginan mesin lebih baik dan optimal.

3. Selang bensin terdapat kebocoran

Ini yang perlu diperhatikan pada saat ingin melakukan perjalanan, apalagi ketika musim panas. Jadi saat akan melakukan perjalanan alangkah baiknya melakukan pengecekan pada selang bensin, apakah terdapat kebocoran atau tidak. Apabila selang bensin terasa kurang  baik atau mengalami kebocoran, alangkah baiknya segera dilakukan pergantian. Mengingat bahan bakar kendaraan mudah tersulut api dan berakibat fatal.

Baca juga Tips jika accu tekor pada mobil matic


4. Oli terlalu lama tidak diganti

Oli Mobil berfungsi sebagai pelumas pada komponen permesinan kendaraan. Oleh sebab itu melakukan pergantian secara berkala sangat disarankan supaya performa Mobil tetap maksimal dan menghindari terjadinya kebakaran Mobil. Mungkin hal ini jarang terjadi karena masyarakat di Indonesia sudah melakukan perawatan dengan baik.
Akan tetapi bagi yang belum melakukannya sebaiknya lebih waspada. Oli yang tidak diganti dalam jangka yang terlalu lama dapat membuat kinerja oli menurun serta kekentalan oli juga berkurang. Jika sudah begitu maka mesin Mobil akan berpotensi mengalami panas yang berlebih akibat oli tidak melakukan tugasnya dengan baik. Hal tersebut berpotensi menyebabkan kebakaran pada Mobil.
Share This :