Berbicara masalah busi untuk kendaraan gasoline merupakan komponen yang sangat penting di system pengapian.Fungsinya untuk memercikan bunga api agar didapatkan pembakaran yang sempurna dan engine juga dapat berputar stasioner.Dengan bunga api busi yang besar maka pembakaran akan sempurna untuk membakar campuran udara dan bahan bakar.
Maka perlu sekali untuk dilakukan pemeriksaan mesin yaitu engine tune up yang dilakukan secara rutin.Busi sendiri bisa kotor dan menyebabkan system pengapian terganggu.Pada gambar diatas terdapat busi yang kotor dengan beberapa sebab.Bisa dari hasil pembakaran yang tidak sempurna menjadikan busi hitam.Campuran udara dan bahan bakar terlalu kaya juga bisa menyebabkan busi hitam.
Ada yang putih bersih,coklat dan hitam bahkan hitam pekat dengan kondisi basah.Dari kondisi ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor.Kalu putih bersih menandakan mesin dalam keadaan yang normal juga penginjeksian bahan bakar sesuai ukuran sehingga keluhan bahan bakar boros tidak ditemukan.Hal ini campuran udara dan bahan bakar sesuai sehingga terjadi pembakaran sempurna.
Untuk busi warna coklat adalah kondisi busi normal karena pembakaran didalam ruang bakar terjadi maka busi akan panas dan terkena hasil pembakaran sehingga berubah warna coklat.Maka agar kondisi kembali seperti semula perlu dilakukan pembersihan busi secara berkala.Busi sendiri karena terkena panas bisa berubah warna yaitu menjadi coklat karena over heating.
Warna hitam pada busi diakibatkan oleh campuran bahan bakar yang terlalu kaya sehingga driver akan merasa pemakaian konsumsi bahan bakar boros.Ini adalah penyetelan mesin ada yang kurang pas.Perlu dilakukan penyetelan engine baik itu system injeksi atau masih konvensional carburator.Bisa jadi dari sensor yang sudah rusak bisa menyebabkan campuran terlalu kaya.Busi hitam juga ada oil masuk kedalam ruang bakar sehingga hasil pembakaran tidak sempurna dan membekas hitam di ujung busi.
Jika posisi busi hitam maka asap gas buang akan terasa pedas karena sebagian bahan bakar didalam ruang bakar tidak terbakar sempurna.Sebagian menguap keluar bersama sisa gas buang ke udara luar lewat knalpot.Sehingga tenaga yang dihasilkan dengan konsumsi bahan bakar tidak seimbang.Akibatnya boros bahan bakar.
Baca juga Penyebab AC mobil bau tidak sedap
Nah yang ini adalah masalah yang berat karena busi sampai berwarna hitam dan basah oleh oli.Hal ini bisa diakibatkan oleh ring piston yang aus atau dari sel valve yang aus.Penyebab busi mati adalah basah terkena oli sehingga system pengapian terganggu dan efeknya adalah engine mbrebet.Jika dibiarkan lama-kelamaan akan semakin banyak oli yang ikut terbakar dan jumlah oli akan berkurang.
Meskipun busi sudah dibersihkan dan engine kembali normal maka selang beberapa hari akan muncul masalah yang sama yaitu busi hitam pekat dan basah.Maka untuk itu engine over houle perlu dilakukan agar masalah busi sering mati karena basah oleh oli mesin bisa terselesaikan.
Share This :
comment 0 comments
more_vert