Fungsi Utama Dan Sangat Penting Dari Differential Pada Kendaraan

Fungsi Utama Dan Sangat Penting Dari Differential Pada Kendaraan

Differential pada sistem powertrain mobil memiliki fungsi yang cukup penting. Komponen ini akan melakukan tugasnya untuk mengubah putaran propeller menjadi tegak lurus terhadap poros propeller. Selain sebagai pengubah arah tenaga, gardan juga memiliki fungsi lain. Paling tidak, ada 3 fungsi pada komponen ini, yakni.

1. Sebagai Pembeda Putaran Roda

Diferential berasal dari kata “Different” yang artinya beda. Hal itu memang fungsi diferential adalah untuk membedakan kecepatan putaran roda kiri dan roda kanan. Mengapa perlu dibedakan ? ini terkait mobil yang berbelok. Saat mobil belok, jarak yang ditempuh roda belakang kiri dan kanan berbeda. Roda bagian dalam memikiki jarak yang lebih kecil dari pada roda bagian luar. Jika putaran roda sama maka akan berpotensi mempercepat keausan roda bagian dalam ketika membelok.

2. Mengubah Arah Powerflow

Pada sistem penggerak RWD, aliran powerflow dari mesin berlangsung memanjang. Tenaga putar ini akan di ubah arahnya 90 derajat dari sudut poros propeller atau tegak lurus terhadap garis propeller shaft. Kita tahu, bahwa mesin-mesin pada kendaraan penggerak belakang itu arahnya memanjang, sehingga putaran yang dihasilkan oleh mesin juga tidak sejajar dengan sumbu roda. Berbeda dengan kendaraan FWD yang memakai komponen transaxle secara langsung. Sistem ini menggunakan diferential hanya untuk membedakan putaran roda kiri dan kanan.

3. Meneruskan Power dari propeller ke axle

Differential menggunakan mekanisme roda gigi pinion dan ring gear untuk menghubungkan tenaga dari poros propeller ke arah axle secara tegak lurus. Melalui sebuah ring gear, tenaga dari mesin akan dipindahkan menuju poros as.

Baca juga Gambar dan symbol indikator pada mobil yang orang jarang ketahui

Keterkaitan drive pinion gear dan ring gear pada input differential memiliki perbandingan gigi yang berbeda. Jumlah mata gigi drive pinion lebih sedikit dari pada ring gear sehingga putaran yang mengarah ke axle sudah diperbesar momennya. Itulah sebabnya komponen ini banyak dipakai untuk kendaraan sekelas bus dan truk.

Jika kendaraan tidak dilengkapi gardan atau differential maka saat belok kendaraan akan kesulitan.Utuk itu dibutuhkan agar putaran roda kanan dan kiri dapat berbeda ketika berbelok dan tidak terjadi slip roda.
Share This :