Pentingnya Water Pump Direndam Air Saat Engine DIlakukan Over Houle

Pentingnya Water Pump Direndam Air Saat Engine DIlakukan Over Houle

Ini artikel saya buat karena pengalaman saya saat kendaraan dilakukan over houle dengan memerlukan waktu beberapa hari.Karena pembongkaran engine dilakukan dengan memakan waktu yang lama bisa sampai seminggu bahkan lebih.Untuk itu agar bearing tidak kering perlu water pump direndam.

Waktu yang lama biasanya kita memasukan engine untuk di colter untuk membuat liner kit di bengkel bubut.Waktu yang lama itu biasanya beberapa komponen tidak digunakan dalam hal ini menunggu untuk dipasang setelah engine selesai dicolter.Dengan waktu yang lama maka membuat komponen yang lain setelah dibersihkan akan diam tidak digunakan.

Komponen part lainnya dibersihkan dan diperiksa apakah perlu penggantian atau tidak.Komponen yang penting adalah water pump karena jika dibiarkan berlama-lama maka bisa menyebabkan kerusakan.Dan mengapa water pump perlu untuk direndam didalam bak seperti terlihat pada gambar diatas.


Saat saya melakukan engine over houle dengan water pump dilepas dan tergeletak dirak part.Ketika waktu pemsangan dan engine sudah hidup untuk ditest drive seketika muncul suara abnormal di engine.Dari analisa suara itu muncul dari water pump,maka langsung di eksekusi untuk melepas water pump dan memeriksanya.Ternyata suara itu muncul dari bearing water pump yang sudah rusak.

Jadi saat water pump tergeletak untuk menunggu engine di colter menyebabkan bearing water pump menjadi kering.Sehingga saat dipasang dan berputar maka langsung menyebabkan noise abnormal.Maka dari itu dari kejadian ini setiap melakukan engine over houle selalu melakukan rendam water pump di bak berisi air penuh.

Dan setelah direndam kemudian saat pemasangan dan dilakukan test drive tidak muncul noise yang abnormal.Mungkin pengalaman ini bisa menjadi pelajaran agar seharusnya water pump yang sebelumnya tidak rusak menjadi rusak karena bearing yang kering.

Jika dibiarkan tidak direndam maka membuat water pump akan kering terutama pada bearingnya.Nanti saat dilakukan pemasangan diengine dan mobil  dinyalakan bisa jadi bearing tersebut akan kaget dan bunyi abnormal.Jika sudah bunyi maka harus ganti dan tidak bisa diperbaiki.

Ini adalah pengalaman yang pernah saya lakukan setiap bongkar mesin atau over houle mesin.Bila tidak direndam maka tadi akan bunyi abnormal.Namun setelah direndam tidak ada masalah terjadi saat dilakukan pemasangan dan engine sudah menyala juga tidak ada masalah.

Share This :