Berbicara tentang rem pada kendaraan modern sudah ada banyak
kemajuan dari kendaraan sebelumnya.Ada rem tromol dan juga rem cakram yang
sering disebut para mekanik atau orang awam pada umumnya.Rem sangat penting
fungsinya dan sebagai pemilik kendaraan wajib tahu tentang rem.
Kendaraan pada zaman dahulu untuk roda depan dan belakang menggunakan
rem tromol kemudian berkembang rem depan berubah menjadi cakram dan yang
belakang masih model tromol.Era modern seperti ini roda belakang sekarang sudah
menggunaka rem cakram.
Karena kontruksi yang lebih praktis dan daya pengereman yang baik
sehingga banyak diaplikasikan pada rem sekarang ini.Karena kendaraan dengan
kecepatan tinggi maka rem cakram sangat diperlukan di setiap rodanya.Dengan
tingkat pemuaian panas yang lebih baik karena langsung berhubungan dengan udara
luar maka rem cakram sangat baik untuk dipasang dikendaraan.
Jadi ketika rem panas maka akan segera dingin kembali karena ada
pendinginan dari udara sekitar dan udara saat kendaraan berjalan.Berbeda dengan
tromol maka panas rem akan lama untuk dingin karena masih menggunakan drum
untuk pengeremanya.
Untuk rem parkir atau hand brake pada kendaraan rem dengan type
tromol di roda belakang menggunakan brake shoe untuk menahan tromol.Shoe
dihubungkan dengan kabel ke dalam kabin sehingga saat kabel ditarik maka shoe
akan mengembang.Dengan mengembangnya brake shoe akan menahan tromol sehingga
kendaraan akan diam.
Berbeda dengan kendaraan dengan rem belakang model cakram,untuk
rem parkirnya disebalah mana mungkin banyak yang kurang mengerti.Maka di
artikel ini saya akan memberikan informasi tentang rem parkir model cakram pada
roda belakang di kendaraan.
Info trouble Fuel system service required pada mitsubishi ANPS
Ada yang langsung berhubungan dengan piston pada cakram sehingga
saat rem parkir ditarik maka piston akan bergerak untuk menekan disc pad pada
discnya sehingga kendaraan akan diam.Untuk gambar diatas adalah type handrem
atau rem parkir untuk kendaraan mitsubishi all new pajero sport type dakar.
Terlihat rem parkir dan rem belakang berbeda dan tidak dalam satu
kesatuan.Ada sebuah rem tromol yang berfungsi hanya untuk rem parkir
saja.Tromol menjadi kesatuan dengan disc sehingga saat tromol ditahan oleh
brake shoe maka rem belakang akan terkunci.
Share This :
comment 0 comments
more_vert