Kunci kontak pada kendaraan memang dilihat secara mata sangat
sederhana.Hanya sebuah kunci dengan berbentuk bergerigi bagian ujungnya agar
bisa masuk ke dalam rumah kunci.Untuk kendaraan konvensional memang kunci
kontak hanya sebuah kunci untuk menghidupkan engine dan membuka atau mengunci
pintu mobil.
Hanya dengan kunci didalam saku maka kendaraan sudah bisa di
starter.Kalau hal ini sudah menggunakan system kunci KOS ( Key Operating System
).Dimana ada transmitter untuk dapat menyalakan engine dengan sekali tombol
ditekan.
Berbeda untuk kendaraan dengan system imobilizer dimana tidak asal
kunci kontak bisa untuk menghidupkan engine.Karena system tersebut menggunakan
sebuah system dengan kunci kontak khusus dengan modul dan sebuah control unit
imobilizernya.
Karena didalam kunci ada sebuah komponen khusus yang akan dapat
menghidupkan engine.Jika kunci jatuh dan komponen itu hilang maka engine tidak
akan bisa hidup.Hanya starter yang dapat berfungsi akan tetapi engine tidak
dapat menyala.
Maka untuk itu selalu jaga kunci kontak jangan sampai jatuh dan
sampai pecah.Karena jika sampai jatuh dan pecah kemungkinan kunci tersebut akan
rusak dan tidak dapat untuk menghidupkan engine.Karena beberapa kendaraan yang menggunakan
system imobilizer di kunci kontaknya ada sebuah memori kecil yang terpasang
didalamnya.
Baca juga Trouble fuel system service required pada all new pajero sport
Baca juga Trouble fuel system service required pada all new pajero sport
Info trouble Fungsi lubang dichasis yang jarang orang ketahui
Untuk itu jaga kunci kontak terkena air dan penyebab kerusakan
yang lain.Lebih baik diberikan pembungkus atau pengaman agar saat kunci tidak
sengaja jatuh meskipun pecah maka tidak akan tersebar berceceran karena sudah
dilindungi pembungkus tersebut.
Share This :
comment 0 comments
more_vert