Artikel kali ini akan membagikan
pengalaman tentang kendaraan mitsubishi colt t 120 ss yang mengalami masalah di
system pelumasan engine.Waktu itu kendaraan datang ke bengkel karena engine
mengalami masalah tentang konsumsi oli yang boros.Oli boros apakah ada
kebocoran oli atau ada oli yang ikut terbakar.
Dimana pemakaian oli mesin sering
berkurang dan perlu ditambah setiap minggu.Ketika kendaraan di isi oli sesuai
jumlahnya dan kendaraan dibuat untuk jalan beberapa hari.Dan setelah satu
minggu jumlah oli mesin diperiksa ternyata berkurang banyak.
Maka kendaraan diperlukan engine
over houle dan diganti part yang mengalami kerusakan.Ada bagian part seperti
piston,ring piston dan bearing conecting rod,bearing crank shaft.Setelah semua
di perbaiki dan proses pemasangan di kendaraan maka engine siap untuk distart.
Kendaraan sudah hidup namun pada
control oli mesin tidak mau mati.Hal ini menandakan tekanan oli berkurang
sehingga oli tidak bisa naik ke atas bagian cylinder head yaitu di system
valvenya.Kemudian dilakukan pemeriksaan di filter oli dan masih kering tidak ada
oli dari carter yang masuk kedalam oil filter.
Untuk itu langsung di eksekusi
pemeriksaan pompa oli di engine.Setelah dibongkar terdapat bagian dalam pompa
oli mengalami aus.Yaitu pada bagian dalam yang berhubungan dengan poros
crankshaft.Hal ini mengakibatkan oli tidak dapat dipompa karena rumah pompa oli
ke crankshaft sudah aus dan tidak dapat menempel dengan sempurna.Ada celah
sehingga saat crankshaft berputar maka pompa oli tidak langsung ikut berputar
satu putaran.
Pada mitsubishi colt t 120 ss type
injeksi terutama engine 1500 cc untuk penggantian pompa oli tidak bisa hanya
gearnya saja.Harus satu set dengan front case sehingga pembelian secara
assy.Berbeda untuk mitsubishi colt t 120 ss type carburator 1300cc bisa dibeli
hanya gear pompa olinya.
Agar tidak terjadi keausan pada
komponen part di engine maka selalu lakukan pemeriksaan secara berkala baik itu
ganti oli mesin atau service mesin.Karena dengan perawatan yang baik maka
kendaraan akan selalu dalam keadaan yang sehat dan siap untuk digunakan
sehari-hari.
Pemilihan jenis oli yang baik dan
juga selalu rutin ganti oli mesin.Sehingga saat oli di tap maka kotoran akan
juga ikut keluar dari engine.Sehingga engine akan kembali ke dalam kondisi yang
bersih.
Share This :
comment 0 comments
more_vert