Penyebab Steering Toyota Avanza Bunyi Abnormal

Penyebab Steering Toyota Avanza Bunyi Abnormal

Kendaraan toyota avanza dari generasi pertama sampai sekarang model all new dan type veloz sudh banyak dijalanan.Dimana banyak keluhan terjadi tentang masalah di steering dan suspensinya.Memang karena umur kendaraan dan juga sering dipakai setiap hari sehingga suspensi juga akan rusak.

Untuk itu artikel kali ini saya akan menginformasikan tentang kerusakan pada steering dan suspensi toyota avnza.Dimana keluhan dari pelanggan adalah adanya suara abnormal saat kendaraan berjalan.Suara itu muncul ketika berjalan di jalan yang tidak rata atau bergelombang.

Suara banormal muncul dari suspendi depan.Untuk itu seteah test drive dan didapatkan analisa kendaraan mengalami masalah di suspensi depan.Langsung dilakukan pembongkaran dan pemeriksaan dari suspensi depan.

Dai yang berhubungan dengan tie rod,tie roda stabilizer dan juga shock absorbernya.Semua diperiksa satau persatu dengan cara dibuka tierodnya.Kemudian kita gerakan play dari masing-masing tie rod.Jika play terlalu banyak maka tie rod harus segera diganti karena jika masih dipasang toruble tersebut tidak akan hilang.

Info trouble Salah satu penyebab power steering berat pada kendaraan

Sebenarnya jika mau hemat untuk tie rod bisa diperbaiki dengan cara di rebil.Yaitu bagian dalam tie rod kita buka dan diberikan teflon baru sehingga akan lebih kecang dan tidak kocak.Play akan berkurang sampai tie rod menjadi kencang.Memang benar tidak akan muncul bunyi saat melewati jalan tidak rata.

Akan tetapi untuk jangka panjangnya kemungkinan tidak akan tahan lama.Apalagi jika jalan yang dilaluinya sudah rusak.Pasti akan cepat rusak kembali untuk tie rodnya.Juga efek dari rebil ini adalah steering akan menjadi lebih berat karena rebilan sangat span dan kuat kencanngnya.Hampir tidak ada play di tie rod sehingga berpengaruh terhadap sambungan tie roda ke system steering.

Penyebab steering bunyi Toyota Avanza

Alangkah baiknya ganti dengan barang genuine agar hasilnya lebih baik.Memang spare part genuine lebih sedikit mahal tetapi jangka panjangnya lebih awet dan tahan lama.Setalh diganti tie rod dan stabilizernya permasalahn steering bunyi saat jalan jelek sudah tidak muncul lagi.

Jika anda mengalami hal yang sama maka kemungkinan kerusakanya adalah sama yaitu dari tie rod dan tie rod stabilizernya.Semoga bermanfaat sobat otomotif dan para pemilik kendaraan toyota avanza.

Baca juga Cara reset indikator timing belt pada Toyota Fortuner
Share This :