Cara Reset Indikator Timing Belt Pada Toyota Fortuner

Cara Reset Indikator Timing Belt Pada Toyota Fortuner

Cara reset indikator di kendaraan toyota fortune perlu dilakukan ketika terjadi penggantian timing belt.Mengapa perlu dilakukan reset ini karena indikator akan tetap nyala jika tidak dilakukan.Sebelum cara resetnya akan saya bahas maka perlu anda ketahui apa itu timing belt.

Timing belt adalah sebuah komponen didalam mesin yang berupa sebuah kareta bergigi untuk menggerakan engine terutama dari crankshaft ke bagian mekanisme valve.Komponen timing belt ini letaknya ada didepan engine dan tepatnya dibelakang radiator jika dilihat dari posisi depan mobil.

Untuk penggantian timing belt dilakukan secara berkala setiap 100.000 kilometer.Jika tidak dilakukan penggantian maka timing belt yang terbuat dari karet akan putus dan berakibat kerusakan di mekanisme valve.Untuk itu jika sudah waktunya tercapai yaitu kurang lebih 100.000 kilometer maka indikator ini akan menyala.

Indikator berupa tulisan T-Belt pada dashboard akan muncul dan menyala.Memberitahukan kepada driver untuk waktunya ganti timing belt.Apabila sudah dilakukan penggantian maka perlu dilakukan reset secara manual agar kendaraan dapat berfungsi dengan baik.Dalam hal ini reset dilakukan untuk mematikan indikator agar tidak menyala lagi.

Info teknik Model hand rem kendaraan masa kini dengan kombinasi rem belakang

Caranya yaitu sebagai berikut :

1.Kunci kontak posisikan ON kemudian tekan trip odomoter dan ditahan kurang lebih 3 detik
2.Dalam posisi trip odometer ditahan kemudian kunci kontak dimatikan atau OFF,kondisi masih ditahan kurang lebih 5 menit.
3.Kunci kontak ke posisi ON lagi dalam keadaan trip odometer masih di tekan dan biarkan kurang lebih 3 detik.
4.Setelah 3 detik kemudian trip odometer dilepas sampai muncul angka 1-20 yang bisa dipilih.
( Angka ini dipilih untuk nantinya indikator T-Belt akan menyala kembali.Dipilih 10 yang artinya adalah 100.000 km indikator akan menyala lagi)
5.Setelah dipilih angka 10 maka biarkan beberapa menit sampai odometer kendaraan muncul kembali.


Proses reset indikator timing belt kendaraan toyota fortuner sudah selesai.Yang akhirnya nanti setelah 100.000 km kembali  indikator akan menyala.Pemilihan 100.000 km karena untuk ganti timing belt dilakukan setiap 100.000 km secara berkala untuk kendaraan toyota fortune.

Baca juga Penyebab truck mitsubishi canter tidak bisa mati sendiri I Fuel Cut Motor
Share This :