Roda Panas Pada Mobil Setelah Berjalan Beberapa Kilometer,Ini Penyebabnya

Roda Panas Pada Mobil Setelah Berjalan Beberapa Kilometer,Ini Penyebabnya

Setiap roda memerlukan pelumasan pada bearingnya agar tidak cepat rusak.Karen bearing yang berputar dan bergesekan maka semakin lama akan menjadi aus.Berbeda jika pelumasan terjadi dengan baik maka dapat mengurangi kerusakan pada bearing rodanya.

Salah satu trouble ketika kendaraan datang kebengkel yaitu mengeluhkan bahwa roda panas sebelah.Jadi kendaraan setelah berjalan beberapa kilometer dan berhenti dilakukan pemeriksaan roda di ke empatnya terjadi panas disalah satu roda.

Panas roda terjadi di bagian depan sebelah kanan.Untuk tiga roda lainnya tidak da kendala dan pansnya normal.Untuk itu langsung dilakukan over houle di bagia roda depan sebelah kanan.Diperiksa system remnya apakah terjadi macet atau tidak.

Untuk rem setelah dilakukan pemeriksaan tidak ada kendala.Rem tidak macet dan masih dalam keadaan normal.Untuk itu langsung dilakukan pemeriksaan terhadap bearing rodanya.Semua di bongkar dan kita bersihkan dari kondisi greasenya.

Ternyata untuk bearing ada bagian yang telah aus yaitu bearing bagian luar.Untuk bearing roda ada dua buah untuk setiap rodanya.Yaitu bagian dalam dan bagian luar yang berbeda ukuranya sehingga jika ada bagian yang rusak diganti sesuai bagianya yaitu bagian dalam atau bagian luarnya.

Karena yang rusak bearing pada bagian luar maka langsung dilakukan penggantian.Bearing diganti yang baru beserta dengan rumah bearing atau biasa yang disebut dengan com bearing.Grease juga diganti dengan yang baru agar semuanya kembali normal.Pemasangan komponen dilakukan sesuai prosedure.

Baca juga Pentingya selang radiator di cooling system mobil

Setelah semuanya dipasang maka kendaraan dilakukan test drive.Berjalan beberapa kilometer dan dilakukan pemeriksaan di roda depan.Roda depan berbeda kondisinya setelah dilakukan perbaikan.Roda tidak panas seperti sebelumnya dan panasnya sesuai dengan roda-roda yang lainnya.

Untuk permasalahan ini dari penjelasan di atas yaitu pemeriksaan dan pelumasan grease secara berkala perlu dilakukan pada bearing setiap roda.Agar grease kembali baru dan tidak terjadi kerusakan pada bearingnya.

Over houle bearing roda

Share This :