Akibat Waktunya GANTI TIMING BELT Dibiarkan Pada Mobil

Akibat Waktunya GANTI TIMING BELT Dibiarkan Pada Mobil

Kendaraan mitsubishi seperti triton dan pajero sport menggunakan penggerak engine dengan timing belt seperti kendaraan merk lain yang masih menggunakan timing belt.Dimana timing belt ini adalah sebuah karet yang mempunyai masa aktif atau masa untuk waktunya diganti. 

Karena kendaraan yang menggunakan sebuah timing belt maka semakin lama part ini akan semakin tua atau bahan elastisiasnya karet akan berubah.Akibatnua karet akan menjadi keras dan karena hentakan dari putaran mesin akhirnya bisa putus.

Dari pemilik kendaraan tidak sebagian banyak yang tahu bahwa timing belt itu diganti secara berkala.Apakah dipakai selamanya atau diganti berkala seperti ganti oli mesin pemilik kendaraan biasanya ada yang tidak tahu.

Sehingga terjadilan engine mogok tidak bisa menyala enginenya dikarenakan terjadi timing belt yang putus.Jika sudah terjadi demikian maka ada banyak komponen yang rusak karena efek dari timing belt putus.Imbasnya sangat banyak bisa terjadi kerusakan di cap noken asnya dan juga di valve systemnya. 

Tambah parah rusaknya jika sudah mogok namun kendaraan masih saja distarter terus enerus karena ketidak tahuan pemilik kendaraan.Apabila sudah mogok sebaiknya jangan di starter terus karena bisa merusakan komponen yang lain.


Untuk itu dalam artikel yang saya buat kali ini saya memberikan info bagi pemilik kendaraan.Bukan hanya mitsubishi triton dan pajero sport tetapi semua kendaraan yang menggunakan timing belt sebagai penggerak enginenya.

Baca juga Fungsi water separator pada mobil diesel

Ganti timing belt secara berkala setiap 100.000 kilometer agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah pada engine.Karena untuk mencapai 100.000 km untuk kendaraan normal dibutuhkan waktu 4-5 tahun.Jadi dengan biaya yang sedikit agak mahal namun engine awet dan bertahan bisa sampai 4-5 tahun pemakaian.

Semoga bermanfaat informasi yang saya tulis dan menjadikan anda lebih peduli terhadap kendaraan anda karena mobil adalah rumah kedua saat anda dijalan saat aktifitas sehari-hari sehingga perlu dirawat dengan baik.

Info service Penyebab transmisi alot susah masuk gigi pada mobil transmisi manual

Share This :