Penyebab Minyak Rem selalu BERKURANG pada kendaraan

Penyebab Minyak Rem selalu BERKURANG pada kendaraan

Rem sangat penting fungsinya di kendaraan bahkan jika tidak ada rem dimobil maka kendaraan tidak akan bisa berhenti.Jadi fungsi rem adalah untuk membantu mengurangi kecepatan kendaraan ketika kendaraan berjalan sehingga nantinya kendaraan akan berhenti.

Kendaraan yang tiba-tiba mengalami rem ambles yang terjadinya kadang-kadang terjadi ketika waktu kendaraan pertama kali mau jalan.Misal dari garasi akan mundur dan akan direm tiba-tiba rem ambles dan di injak beberapa kali rem menjadi normal kembali.

Kendaraan jalan beberapa kilometer dan dilakukan pengereman tidak terjadi hal yang aneh dan normal-normal saja.Hal itu untuk anda pemilik mobil harus hati-hati karena kendaraan yang ada proble seperti ini bisanya ada yang rembes kecil di system rem mobil.

Rembesan kecil dan tidak terlihat dari luar jika dibiarkan lama-kelamaan akan menjadi masalah dikemudian hari.Bahkan rem akan tidak bisa berfungsi karena adanya kerusakan yang terlalu berat bahkan seal rem sudah sobek.

Minyak rem yang sudah berubah warna menjadi agak kehitaman maka akan menjadi penyebab seal rusak.Kotoran debu di dalam minyak rem akan menempel di seal dan seal sendiri bergerak bergesekan dengan rumahnya sehingga akan terjadi kerusakan di seal dan rumahnya juga akan aus.

Harus segera diperiksa ke langganan bengkel anda terdekat agar dapat segera tertangani.Tidak menjadi lebih parah kerusakanaya karena anda biarkan saja dan tetap digunakan sehari-hari untuk berjalan.JCoba lihat jumlah minyak rem yang ada di ruang mesin apakah jumlahnya masih dalam batas normal. 

Atau minyak rem tersebut sudah berkuarang sedikit atau banyak.Karena jika minyak rem berkurang banyak maka harus extra waspada yang intinya ada yang bocor aau rembes.Periksa semua bagian roda depan dan belakang. 

Apakah ada yang rembes atau tidak dan biasanya terjadi rembesan minyak rem di bagian rem bagian belakang yang masih menggunakan rem type tromol.Rem tersebut terlihat basah dan setelah karet penutupnya dibuka maka minyak rem akan langsung mengalir keluar.

Baca juga Fungsi lubang di chasis kendaraan mitsubishi L300

Apabila demikian maka dapat dipastikan rem sudah waktunya dilakukan service.Rem ada masalah di seal atau wheel cylindernya sehingga perlu dibersihkan terlebih dahulu agar diketahui yang rusak bagian mana.


Langsung saja dilakukan brake over houle direm belakang.Perlu penggantian wheel cylindernya atau hanya seal repair kit untuk rem saja.Sehingga nantinya kendaraan di system rem akan kembali normal dan bisa anda gunakan keseharianya dengan aman.

Info service Fungsi water separator pada kendaraan diesel

Jangan lupa periksa semua roda depan belakang dari kebocoran dan rembesan minyak rem.Jika perlu master rem yang ada di sekitar ruang mesin perlu dilakukan pembongkaran juga sekalian dibersihkan sehingga akan dikatahui master rem masih bagus atau perlu penggantian.


Share This :