HATI_HATI REM PANAS Sebelah !!! Salah Satu Penyebab Rem Depan Cakram Macet Pada Kendaraan

HATI_HATI REM PANAS Sebelah !!! Salah Satu Penyebab Rem Depan Cakram Macet Pada Kendaraan

Kadang terjadi rem yang mbanting sebelah ketika kita injak pedal rem.Untuk rem depan yang sudah menggunakan rem cakram maka tidak ada penyetelan di bagian remnya karena untuk rem cakram penyetelan secara otomatis. 

Kendaraan sekarang banyak sekali yang menggunakan type rem cakram.Bisa untuk roda bagian depan atau roda bagian belakang.Namun dengan pemakaian dalam jangka lama bisa menyebabkan rem tersebut kampas menjadi aus.

Kadang ada yang rem menjadi panas karena piston macet yang diakibatkan oleh kotoran didalam minyak rem.Atau karena karet penutup piston sudah sobek sehingga kotoran dan air masuk ke sela-sela piston dan akhirnya piston berkarat.

Namun ada lagi penyebab rem macet pada roda selain yang sudah saya sebutkan di atas.Yaitu pada pin boltnya yang tidak bisa bergerak dengan lancar.Untuk rem cakram ada dua buah pin bolt bagian atas dan bawah.Yang semuanya harus bisa bergerak lancar sesuai pergerakan kaliper piston saat dilakukan pengereman.

Jadi waktu pemeriksaan rem dapat diketahui bahwa pin bolt ini mengalami macet.Kadang ada yang harus dibawa ke tukang las untuk melepasnya karena sangat susah sekali.Dengan di panasi oleh las baru kemudian pin bolt bisa lepas.

Setelah terlepas harus di bersihkan pin boltnya dari kotoran karat sampai halus.Agar nantinya bisa kembali lancar pergerakanya saat dipsang kembali.Dalam hal ini setiap service rem selalu diperiksa untuk pin boltnya.Apakah masih dalam kondisi yang baik pergerakanya.

Info service AGAR AWET !!! Jangan salah pilih jenis oli mesin untuk mobil anda

Saat pemasangan selesai service harus di lumasi agar tidak terjadi karat didalamnya.Untuk pin bolt ini juga ada sebuah karet penutupnya sehingga jika karet masih dalam kondisi baik maka kemungkinan kecil pin bolt macet.Namun jika karet sudah sobek maka kotoran debu dan air bisa masuk kedalam menyebabkan macet dalam jangka waktu yang lama.

Jika sudah dilakukan rem over houle untuk pembersihan piston dan penggantian sealnya maka wajib dilakukan adalah kuras minyak rem agar semua minyak rem yang kotor bisa keluar semua sehingga rem dalam kondisi bersih.

Baca juga Inilah Penyebab engine Tarikan Kurang Di mesin Common Rail System

Untuk anda pemilik kendaraan yang mengalami rem mbanting ke kanan atau kekiri ketika ketika dilakukan pengereman secara mendadak bisa jadi terjadi masalah di rem bagian depan mobil anda.Rem macet yaitu entah dari piston rem,pin bolt kaliper atau dari komponen yang lainnya.Segera perbaiki rem mobil anda agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah,

Share This :