PERLUNYA MEMERIKSA AIR RADIATOR SETIAP HARI PADA MOBIL SEBELUM DI GUNAKAN

PERLUNYA MEMERIKSA AIR RADIATOR SETIAP HARI PADA MOBIL SEBELUM DI GUNAKAN

 


Kita serin jumpai masalah pada kendaraan tentang system pendingin yang bermasalah.Jangan anggap enteng ya tentang kerusakan di system pendingin mobil karena efeknya sangat besar sekali pada engine.Kalau anda merasa ada yang aneh mengenai temperatur mesin mobil maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan di bengkel langganan anda.

Temperatur naik itu bisa disebabkan banyak hal tapi intinya dalah bisa dari jumlah air radiator yang berkurang.Atau dari system electronicnya yang kipas radiator menggunakan motor electric.Yang sering terjadi adalah kerusakan dari radiator itu sendiri.Entah ada yang buntu atau memang ada yang rembes ringan atau sampai ada yang bocor parah.

Kalau sudah ketahuan dari mana bocor air radiatornya maka segera lakukan perbaikan,apakah perlu ganti spart partnya atau bisa direpair agar lebih hemat.Kerusakan selain dari radiator juga bisa dari selang yang rembes,pipa air yang keropos atau bahkan kebocoran air dari water pumpnya.

Hal yang sangat membuat mobil menjadi mogok karena system pendinginnya yang abnormal itu ya karena sampai kehabisan air radiator.Bahkan mesin bisa macet tidak bisa diputar oleh tangan karena piston sudah lengket dengan block cylindernya.

Kalau sudah seperti itu maka hasilnya adalah harus turun mesin dan ganti piston bersama linernya.Kalau biaya seperti itu untuk overhoule bisa sampai puluhan juta karena banyak yang harus diganti terutama spare part utamanya.


Kalau overheatnya ringan maka anda bisa memeriksa kerataan dari cylinder head apakah melengkungnya itu parah sehingga perlu di selep diratakan.Atau yg fatal sampai ganti cylinder head assy.Makanya jika terjadi engine overheat masih dalam gejala maka sebaiknya segera berhentikan mobilnya dan diamkan sampai engine dingin.


Perbaikan steering bunyi xpander

Dengan menunggu kondisi engine dingin kita bisa memeriksa dari mana penyebab engine overheat itu.Apakah dari airnya yang kurang atau dari komponen yang lain yang menjadi akar permasalahan tentang system pendingin ini.

Saya berharap agar anda para pemilik kendaraan selalu memeriksa kondisi jumlah air radiator setiap seminggu tiga kali atau lebih baiknya setiap hari ketika mobil anda mau digunakan.

Share This :