Kompone Part Yang Wajib Di Periksa Setelah Dilakukan Perjalan Untuk Mudik

Kompone Part Yang Wajib Di Periksa Setelah Dilakukan Perjalan Untuk Mudik

Musim mudik Lebaran sebentar lagi, itu artinya ratusan ribu jiwa akan bergerak dari satu wilayah ke wilayah lainnya untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. Dan diantara alat transportasi lain, mobil pribadi masih menjadi favorit untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Namun dengan jarak yang cukup jauh, waktu tempuh yang lebih lama, serta medan jalan yang mungkin lebih ekstrim dari jalan perkotaan, membuat ada beberapa komponen mobil yang bisa rusak pasca Anda melakukan perjalanan mudik.

Berikut ini adalah komponen yang bisa cepat rusak setelah melakukan mudik lebaran

1.Oli 

Setelah melakukan perjalanan jauh misalnya ketika mudik Lebaran, maka biasanya kinerja mesin jadi melemah. Itu mungkin akibat sistem pelumasan pada mesin yang sudah tidak optimal. Dan pelumasan ini adalah tugas dari oli. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda melakukan penggantian oli, segera setelah mudik Lebaran, agar kinerja mesin mobil kembali prima.

2.Filter Udara

Melakukan perjalanan jauh dengan jalur macet dan berdebu, maka komponen pada mobil yang juga diserang adalah filter udara. Pasca Anda melakukan perjalanan tersebut, maka sebaiknya bersihkan filter udara dari debu kotoran yang menempel.Jika anda biarkan bisa jadi filter udara akab tersumbat karena banyaknya kotoran yang menempel.Akan berakibat pernafasan engine akan sesak dan tenaga engine akan lemah.


Baca juga Waspadai gejala engine over het pada mobil

3.Suspensi

Melewati jalan dengan berbagai jenis permukaan, tentu menjadi kinerja berat bagi sistem suspensi mobilAnda. terlebih lagi jika jalan yang dilalui masih berupa jalan berbatu. Agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari, sebaiknya cek bagian suspensi setelah Anda kembali dari mudik Lebaran.Karena dijalan kita tidak tahu akan melewati jalan jelek atau bagus karena dengan jalan jelek maka suspensi akan bekerja lebih berat.Dengan beban yang kita bawa saat mudik maupun saat balik lebaran maka sebaiknya periksa system suspensi dari kerusakan setelah mudik lebaran dilaksanakan.
4.Roda
Melakukan perjalanan jauh maka Anda akan menemui juga kondisi jalan berlubang. Saat melintas di jalan seperti ini, maka yang terkena imbasnya adalah ban dan pelek. Untuk itulah kembali lakukan spooring dan balancing setelah Anda pulang dari mudik.Kita tidak tahu apakah terjadi kerusakan diban atau velgnya karena benturan dengan jalan berlubang.Untuk itu stel suspensi depan dengan cara melakukan spooring dan balancing.

5.Rem
Rem adalah komponen lain yang bisa rusak setelah Anda melakukan perjalanan mudik Lebaran. Itu lantaran rem memiliki tugas berat saat akan menghentikan laju kendaraan ketika dipacu. Apalagi ketika diperjalanan menemui jalan macet, maka sistem rem akan bekerja lebih keras. Cek kondisi rem mobil termasuk kampas dan kondisi cakram setelah Anda kembali ke rumah.
Semoga bermanfaat dan segera lakukan pemeriksaan kendaraan anda setelah pualng dari mudik karena jika dibiarkan kerusakan akan semakin menjalar ke komponen yang lainnya.
Share This :