Rawat Radiator Mobil Anda Secara Rutin Agar Tidak Terjadi Seperti Ini

Rawat Radiator Mobil Anda Secara Rutin Agar Tidak Terjadi Seperti Ini

Musim kemarau yang sebentar lagi tiba bukan berarti tidak berpengaruh terhadap performa mesin. Persiapkan radiator kendaraan sebelum Anda menembus kemacetan lalu-lintas di tengah cuaca terik matahari.Dengan engine sudah panas dan ac menyala maka membuat temepratur mesin akan semakin panas.
Manual book merekomendasikan penggantian coolant dilakukan setiap dua tahun sekali. Prosedur ini berlaku untuk sebagian besar mobil. Namun dalam kondisi tertentu, Anda terpaksa harus melakukan penggantain coolant. Jadi sebakinya sebelum mengganti cairan tersebut, sebaiknya Anda  berkonsultasi terlebih dulu dengan mekanik bengkel langganan anda.  
Berikut diuraikan langkah-langkah penting melakukan perawatan radiator, termasuk di dalamnya adalah penggantian coolant.Coolant yang cocok untuk kendaraan anda sehingga terhindar dari engine over heat.
Radiator berfungsi sebagai pendingin mesin,kebaradaaan radiator teramat fital bagi kendaraan. Rusaknya radiator bisa mengakibatkan mesin mengalami over heat. Berikutnya, satu persatu komponen akan segera rusak.Dari cylinder head yang melengkung,piston macet dan cylinder liner akan tergores.karena gesekan piston.
Radiator rusak dikarenakan umurnya yang sudah lama, terkena benda-benda dari luar seperti angting pohon,kerikil dan sebagianya yang menyebabkan radiator berubah bentuk dan akhirnya bocor.
Radiator yang sudah  tua memiliki performa yang sudah tak mumpuni lagi. Berbagai komponennya sudah  keropos. Tak jarang radiator  uzur seperti itu mudah bocor. Namun bukan berarti kemudian radiator bocor karena sudah tua. Radiator pecah atau bocor, bisa disebabkan terkena benturan benda keras saat berkendara.
Kebocoran radiator bisa membuat oli merembes masuk ke dalam sistem pendinginan.Jadi, oli dan air akan bercampur yang bisa menyebabkan radiator menjadi panas.Akibatnya radiator bisa pecah dan kemungkinan besar engine akan berakibat terjadi kerusakan.
Saat radiator mengalami kebocoran, Anda tak perlu tergesa-gesa menggantinya. Radiator memiliki umur yang panjang. Penggantian radiator, hanya dilakukan bila telah rusak parah seperti tabrakan. Kalau kipas radiator kena pipanya dan pipanya diganti. Intinya, bila radiator dirawat, akan awet,
Agar radiator awet Anda harus rutin menguras air radiator. Gunakan air khusus radiator yaitu coolant yang banyak dijual di partshop.Air radiator sering dikuras saja dengan memakai air khusus , yakni setiap dua atau tiga bulan sekali. Kalau memakai air yang kualitas jelek atau kotor, maka lama-kelamaan radiator akan kotor. Bila radiator kotor, harus dikuras.
Untuk menguras air radiator sebenarnya mudah bisa dilakukan dirumah namun jika belum pernah melakukannya sebaiknya bawa ke tempat bengkel langganan anda.
Share This :