Komponen Dan Fungsi Radiator Mobil Yang Sangat Penting

Komponen Dan Fungsi Radiator Mobil Yang Sangat Penting

Pada mobil terdapat sistem pendingin yang bertugas untuk mendinginkan suhu mesin pada mobil. Dengan begitu suhu mesin tetap stabil dan kinerjanya tetap prima tanpa ada masalah. Dalam sistem pendingin mobil ada yang namanya radiator, lantas apa sebenarnya fungsi radiator mobil?
Adapun fungsi radiator mobil adalah untuk membuat suhu cairan pendingin menjadi turun pada saat sedang tinggi setelah melintasi water jacket. Untuk radiator terdapat beberapa komponen di dalamnya. Di sini juga akan dibahas mengenai cara kerja dari radiator mobil, jadi sobat bisa mengetahui dan paham akan masalah komponen pendingin tersebut.
Untuk menjalankan fungsi radiator mobil terdapat beberapa komponen di dalamnya yang dapat membuatnya bekerja dengan baik. Komponen tersebut meliputi radiator core, lower tank, reservoir tank, drain dan upper tank. Berikut ini merupakan penjelasan dari komponen tersebut.

Upper tank – Untuk letaknya berada pada radiator bagian atas. Untuk fungsinya sendiri adalah sebagai jalan masuk dan juga menampung dari cairan pendingin sebelum nantinya akan masuk ke dalam pusat dari radiator. Pada komponen ini mempunyai dua bagian yaitu saluran reservoir dan tutup radiator.

Baca juga Symbol temperatur digital pada kendaraan baru sekarang

Pusat radiator- Adapun pada bagian ini merupakan beberapa pipa yang mempunyai bentuk yang pipih dan memanjang. Dengan menggunakan desain tersebut, untuk melakukan pelepasan dapat dilakukan dengan mudah. Dari segi diameter didesain kecil dengan tujuan air yang dari atas menuju ke bawah menjadi lambat supaya suhu yang didinginkan dapat merata.

Sirip pendingin – Untuk letaknya berada pada bagian sela dari pusat radiator. Bentuk yang dimiliki umumnya adalah zigzag dengan tujuan saat melepas panas pada air dapat menjadi lebih cepat. Jadi air yang mempunyai suhu yang tinggi akan dialirkan melalui bagian ini dan dibuang menuju udara.

Lower tank – Untuk bagian ini merupakan pendukung dari fungsi radiator mobil. Yang mana fungsinya sendiri adalah sebagai penampung air yang telah diproses sehingga telah menjadi dingin.

Reservoir tank -  Pada bagian ini merupakan tempat menampung cairan radiator.

Share This :