AWAS MOGOK !!! Dinamo Amper Bermasalah Tegangan Pengisian Ke Aki Tidak Normal

AWAS MOGOK !!! Dinamo Amper Bermasalah Tegangan Pengisian Ke Aki Tidak Normal

Dalam trouble kelistrikan mobil itu banyak sekali ragamnya.Artikel ini akan membahas tentang trouble kelistrikan dinamo amper pada mobil yang sering menjadi penyebab engine mogok karena aki tekor.

Umur dari sebuah aki tidak bisa ditentukan kira-kira kapan terjadi kerusakan.Bisa hanya kurang dari satu tahun bahkan bisa lebih awet untuk sampai dengan 2 tahun.Tergantung dari perawatan anda untuk sering mengisi jumlah air aki agar tidak sampai kosong untuk aki type basah.

Meskipun aki baru type kering dan jarang digunakan untuk mobilnya juga bisa mengakibatkan aki itu cepat rusak.Tidak digunakan disini adalah mobil yang jarang di buat jalan maka lama kelamaan tagngan battery akan tekor.Maka sebaiknya dibuat jalan agar battery tetap ada charger dari dinamo amper.

Alat untuk memeriksa battery yaitu bernama battery tester.Dimana dapat diketahui kondisi battery apakah lemah atau masih normal.Dengan cara waktu distart tegangan yang keluar berapa maka akan kelihatan.

Kondisi waktu start oleh motor starter juga akan diketahui dan pengisian tegangan dari dinamo amper juga akan diketahui sehingga akan jelas bahwa kerusakan dari mana.Jika tegangan dari alternator terlihat kurang dari standar yaitu 12,50 volt saat engine stasioner maka dapat dipastikan bahwa alternator atau dinamo ampper bermasalah.

Dapat di ketahui dengan melihat kondisi battery pasti mengalami drop tegangan.Dikarenakan pengisian battery dari dinamo amper ke aki akan berkurang sehingga bisa menyebabkan engine mogok.Apabila dikendarai pada malam hari dapat terlihat lampu utama akan redup.

Saat indikator gambar aki di dashboard menyala maka itulah bahwa tidak ada pengisian kelistrikan dari dinamo amper ke aki.Saat kunci kontak on gambar aki menyala,dan setelah engine hidup indikator aki harus dan wajib mati untuk menandakan bahwa terjadi charging.

Baca juga Fungsi Water Separator Pada Diesel Engine

Jika tidak mati indikator aki saat engine hidup maka tidak ada tegangan pengisian ke aki.Aki tidak mendapatkan strum tegangan dari battery sehingga akan ngedrop.Membuat system kelistrikan kendaraan tidak bekerja.

Segera periska ke bengkel langganan anda untuk pemeriksaan.Apakah kerusakan dari IC regulator di alternantor.Atau hanya sakering pengisian yang bermasalah sehingga aliran tegangan tidak lancar.

Trouble yang seperti ini jangan sampai disepelekan karena akan berefek ke semua system kelistrikan mobil.Maka segera perbaiki agar tegangan kelistrikan di kendaraan menjadi stabil.Saat beban kelistrikan dinyalakan seperti ac,headlamp,audio dan system yang lain maka tidak akan terganggu.

Info service Penyebab Ban Cepat AUS Pada Kendaraan

Share This :