Penyebab Temperatur Engine Selalu Panas Pada Diesel Engine

Penyebab Temperatur Engine Selalu Panas Pada Diesel Engine

Masalah yang terjadi pada kendaraan sangat banyak sekali.Jika kita sering merawat dan melakukan service berkala juga pemeriksaan ringan maka kemungkinan kecil akan terjadi kerusakan bisa terdeteksi lebih dini.

Kali ini artikel yang dibahas adalah tentang kendaraan yang mengalami engine over heat.Over heat ini juga bisa disebabkan banyak hal.Namun yang terjadi setelah engine over heat apa saja komponen di engine yang sering rusak.Misal bisa cylinder head,piston dan cylinder liner yang akan aus dan mbaret.

Over heat pada mobil diesel khususnya kendaraan mitsubishi colt diesel canter.Sering menemui banyak keluhan pemilik kendaraan truck canter terjadi over heat.Dimana air selalu berkurang sehingga temperatur engine naik keposisi panas.

Setelah beberapa pemeriksaan maka didapatkan kerusakan sering terjadi temperatur panas adalah dari cylinder head gasketnya.Cylinder head gasket rusak akhirnya air rembes bahkan bocor dari sela-sela cylinder head dan cylinder block.

Info trouble Fuel system service required pada mitsubishi pajero sport

Jika sudah demikian terjadi over heat harus dilakukan over houle untuk cylinder head.Di selep untuk diratakan karena jika over heat maka cylinder head akan melengkung karena panas yang berlebih.Dari pemeriksaan cylinder head diover houle dan dibawa ketukang bubut untuk proses slep.

Selep harus benar-benar rata agar dapat menempel sempurna di cylinder block.Jika masih melengkung maka akan terjadi kebocoran air radiator kembali.Kerataan ini dapat dicek atau periksa menggunakan kaca sebagai media perata.Hal ini di periksa ketika setelah dilakukan pembongkaran.

Permukaan cylinder head diperiksa menggunakan kaca .Dengan di beri sedikit sekur di bagian cylinder headnya.Kemudian di gesek-gesekan dengan kaca berkali-kali sampai bagian yang tidak rata terlihat.Apabila kerataan yang berlebih sebaiknya dibawa ke tukang khusus selep atau bengkel bubut.

Video Penyebab Temperatur Panas

Setelah semuanya permukaan cylinder head rata maka siap untuk dipasang di kendaraan mitsubishi colt diesel canter.Pakai cylinder head gasket yang lebih tebal karena efek dari cylinder head yang diselep.Otomatis ketebalan cylinder head berkurang sehingga menggunakan gasket yang lebih tebal.

Setelah semua dipasang akhirnya siap untuk di test drive.Kendaraan dibuat jalan jauh dan temperatur engine masih dalam keadaan normal.Sebagai tipsnya adalah ketika temperatur engine panas saat perjalanan segera pinggirkan kendaraan dan lakukan pemeriksaan ringan.Apakah dari kipas electric,jumlah air radiator yang berkurang atau penyebab yang lainnya.

Jika dibiarkan kendaraan tetap jalan maka akan merusak komponen engine.Biaya lebih banyak yang dikeluarkan.Berbeda jika kita lakukan pemeriksaan lebih dini maka kerusakan berat dapat dihindari.

Baca juga Fungsi water separator pada diesel engine
Share This :