Akibat Dari Engine Over Heat Pada Mitsubishi Colt Diesel Canter

Akibat Dari Engine Over Heat Pada Mitsubishi Colt Diesel Canter

Masih seputar informasi dunia otomotif kali ini saya akan menginformasikan tentang trouble pada mitsubishi colt diesel canter.Dimana trouble ini ada suara abnormal di enginenya.Suara engine sangat kasar sehingga akan terdengar suara aneh saat stasioner.

Suara itu muncul lebih kasar saat engine di akselerasi.Dari informasi customer saat kendaraan datang ke bengkel untuk perbaikan yaitu setelah terjadi kehabisan air radiator.Dari cerita customer bahwa kendaraan saat jalan tiba-tiba temperatur engine naik keposisi panas.

Kendaraan berhenti dan dilakukan pemeriksaan ternyata jumlah air diradiator dan reservoir berkurang banyak.Ada keboboran di system cooling sehingga jumlah air berkurang.Jika terjadi seeprti ini diamkan engine sampai dingin baru kemudian tambahkan air radiator sampai penuh.Karena temperatur panas sebaiknya hati-hati saat membuka tutup radiator.

Setalh di cek dan di analisa terjadi suara tersebut adalah dari engine yang bergerak.Untuk itu dapat di analisa dari komponen conecting rod,bearing atau metal.Bisa juga dari piston atau ring piston yang sudah aus.

Info service Kapan waktunya ganti minyak rem pada mobil

Untuk menganalisanya harus membongkar dari bagian calter untuk memeriksa dari metal jalan dan metal duduk.Dengan melihat dari kualitas oli maka akan terlihat adanya serbuk besi di kandungan oli mesin.Namun setelah dilakukan pemeriksaan untuk di metal jalan dan metal duduk tidak ada kendala.Masih dalam keadaan yang baik dan normal juga tidak ada keausan di komponen tersebut.

penyebab engine over heat

Selanjutnya yaitu dengan membongkar bagian dari cylinder head.Kita lepas dari cyilinder head dan periksa kondisi liner atau booreng cylinder.Disini terlihat liner yang membekas kerusakan dan aus.Ada baretan di cylinder liner hampir disemua lubang piston.Namun ada baretan yang sudah terlalu parah di cylinder no 3.

Dengan adanya cylinder liner yang rusak maka perlu dilakukan pemeriksaan pada piston.Sehinnga pisotn di lepas dari engine dan diperiksa.Ternyata untuk piston juga ada yang aus dalam kondisi baret.Untuk itu kita infokan engine harus di over houle dan dilakukan over size.

Jadi semua piston diganti dengan over size 50 danCylinder liner juga dioversize sehingga akan diganti baru untuk piston.Cylinder liner hanya akan di bubut untuk ukuran 50 lebih besar.Setelah dilakukan penggantian dan pemeriksaan yang sempurna maka engine siap untuk dipasang kembali.

Baca juga Fuel system service required pada mitsubishi all new pajero sport

Engine di nyalakan dan suara abnormal itu sudah hilang.Engine kembali normal sehingga siap untuk di gunakan untuk bekerja.Dari analisa ini dapat disimpulkan bahwa kerusakan cylinder liner baret dan piston juga aus itu dikarenakan adanya engine over heat.Jadi akibat dari engine over adalah sangat besar yang rusak pada komponen engine.

Untuk itu jika terjadi temperatur engine naik keposisi panas  jangan dipaksakan untuk kendaraan.Segera periksa engine dari kebocoran air,apakah ada kebocoran atu ada kerusakan dari system yang lainnya.
Share This :