Penyebab Accu Tekor Pada Mobil Yang Jarang Orang Ketahui

Penyebab Accu Tekor Pada Mobil Yang Jarang Orang Ketahui
 

Dimana kendaraan ini yang datang ke bengkel mengalami engine mogok.Saat perjalanan tiba-tiba mogok engine mati.Semua kelistrikan mati yang ada di dashboranya.Kemudian kendaraan minggir dan saat mau distart ulang tidak ada tanda untuk bisa start di motor starternya.

Setelah masuk bengkel di periksa kendaraanya dan terlihat langsung dari fan beltnya putus dan rusak menyelinap ke dalam pulley kipas.Dari sini langsung dapat diketahui bahwa kerusakan mogok dan tidak ada tegangan di battery diakibatkan oleh pengisian dari dinamo amper tidak ada.

Fan belt yang seharusnya menggerakan alternator atau dinamo amper tidak bekerja dengan baik.Akhirnya tegangan pengisian tidak ada dan battery harus tetap mensuplai tegangan ke system electrical di engine dan system yang lainya.

Battery diperiksa kondisi terminal dan jumlah air akinya ternyata masih dalam kondisi yang bersih dan jumlah airnya dalam batas maksimal.Jadi langsung ganti fan belt dan dilakukan pemasangan pada kendaraan.

Info teknik Cara mengoperasikan engine start stop pada kendaraan ( OSS System )

Setelah terpasang engine dinyalakan dan dicek untuk charging systemya.Untuk pengisian dari dinamo amper dalam kondisi baik.Dari alternator dapat mnegalirkan tegangan lebih dari tegangan battery sehingga akan mampu untuk charge atau isi tegangan didalam battery ( aki ).

Dari sini kita harus mengerti pentingnya fan belt pada kendaraan.Jangan anggap sepele,jika rusak akan berakibat engine mogok.Bayangkan jika rusak atau trouble pada malam hari maka akan snagat terasa bebanya.Untuk itu ada sebuah tips jika kendaraan anda terasa ada bunyi cit-cit saat posisi ac atau saat kendaraan dinyalakan saat pagi hari.

cara perbaikan komprsor ac berisik

Maka itu kemungkinannya adalah fan belt yang sudah aus atau kendor.Segera periksa kondisi fan belt apakah perlu penyetelan ulang atau ganti.Jika sudah aus sebaiknya ganti saja agar tidak terjadi fan belt yang putus saat perjalanan.Fan belt juga selain aus ada yang retak-retak karena sudah mengeras dikarenakan usia dari fan beltnya.Dan itu sudah waktunya ganti fan belt yang retak-retak.

Baca juga Penyebab steering toyota avanza bunyi abnormal
Share This :