Pengertian jenis pelumas oli 20w-50 API SJ

Pengertian jenis pelumas oli 20w-50 API SJ

Kendaraan menggunakan system pelumasan agar tidak terjadi kerusakan pada komponen engine.Bahkan bukan hanya engine akan tetapi juga pada transmisi dan differential menggunakan sebuah oli sebagai pelumas.

Untuk yang saya bahas dalam artikel kali ini adalah jenis pelumas pada kendaraan gasoline engine.Yaitu oli mesin untuk mobil berbahan baakr bensin.Ada banyak sekali jenis oli msein yang digunakan untuk kendaraan bensin.

Dari jenis yang paling bagus sampai yang biasa dan dari yang kenta sampai yang sangat encer sekali.Nah yang sering digunakan untuk mesin bensin yaitu type oli 20w-50 API SJ.Untuk itu saya bahas antara kode tersebut yang mungkin banyak belum anda ketahui.

Untuk kode 20 adalah tingkat kekentalan paling dingin di suh 0 derajat dan bisa sampai kekentalan 50 di suhu panas.W artinya adalah winter yaitu musim dingin atau cuaca yang sangat dingin sekali.Ada juga tingkat kekentalan 0w-20 yaitu kualitas oli mesin yang sangat encer sekali dan digunakan untuk mobil terbaru saat ini.

Untuk type 20w-50 banyak digunakan untuk mesin bensin yang kendaraan lama.Karena jika digunakan untuk kendaraan baru saat ini sangat tidak cocok karena sangat kental.Pelumasan nanti tidak akan maksimal sehingga akan menyebabkan tarikan engine menjadi berat.

Baca juga Suzuki karimun power steering EPS dibuat manual 

Namun untuk kendaraan bensin yang menggunakan 20w-50 cocok untuk kendaraan lama.Karena pelumasan engine lama yang akan membuat komponen engine menjadi normal dan akan awet.API merupakan singkatan dari American Petroleum Institute yaitu tingkat kualitas oli yang telah diterbitkan oleh institute tersebut.

pasang smart chip di Innova

API SJ merupakan tingkat kualitas oli mesin .Untuk J adalah type produksi dan semakin tinggi kodenya maka akan semakin baik kualitas oli mesin tersebut.Misal oli tersebut adalah kode SM maka oli tersebut kualitasnya lebih baik dari tingkat SJ.Maka pilih oli untuk kode yang lebih tinggi agar kendaraan anda lebih bagus pelumasanya.

Info service Kipas radiator apakah tidak berputar saat mitsubishi xpander dipanasi
Share This :