Apakah benar baling baling tidak berputar saat mesin Xpander dipanasi?

Apakah benar baling baling tidak berputar saat mesin Xpander dipanasi?

Banyak pertanyaan seputar kendaraan mitsubishi xpander yang mungkin masih awam dan belum emngerti sepenuhnya tentang kendaraan ini.Maka dalam artikel yang saya tulis akan menjelaskan tentang infomasi mengenai electric fan di system cooling pada mitsubishi xpnader.

Electric fan adalah sebuah komponen pendukung untuk system pendingin kendaraan.Dimana electric fan dapat berputar secara otomatis ketika engine panas dan juga dapat berhenti secara otomatis ketika temperatur engine sudah medekati titik normalnya.

Berbeda dengan kipas yang masih menggunakan sebuah fan belt maka ketika engine dinyalakan maka kipas langsung dapat berputar sesuai kecepatan engine.Semakin engine berputar dengan kencang maka kipas radiator ini juga semakin kencang karena menjadi satu putaran dengan engine.

Untuk kipas ini dihubungkan dengan water pump pada engine.Sehingga sekaligus memutarkan kipas juga water pump bekerja memompa air untuk sirkulasi ke semua bagian engine.Itulah proses pendinginan engine di kendaraan.

Baca juga perbedaan fuel pump mobil injeksi dan fuel pump konvensional

Kembali ke masalah electric fan di atur agar dapat berputar secara otomatis menggunakan sebuah sensor.Yaitu coolant temperatur sensor dipasangkan di engine dan berhubungan langsung dengan sistem pendingin air di cooling system.Jadi ketika kendaraan pertama kali dinyalakan terutama waktu pagi hari maka kipas radiator ini tidak akan berputar.

matic tidak bisa jalan cek inhibitornya

Tidak ada pendinginan radiator oleh electric fannnya.Baru setelah engine dipanasi beberapa menit sampai batas temperatur yang susai sensor untuk bisa mengonkan electric fan.Untuk temperatur sampai 90 derajat maka temperatur sensor akan bekerja untuk memberitahukan ke control unit memerintahakn electric fan untuk berputar.

Begitulah informasi mengenai eelctric motor fan yang bekerja secara otomatis.Mobil sekarang hampir semuanya menggunakan eelctric fan agar lebih praktis dan tidak memakan tempat yang banyak.System cooling di engine juga dapat bekerja dengan baik.

Info service penyebab temperatur mati pada mitsubishi truck canter
Share This :