Kelebihan Mobil SPORT Mercedez Benz SLS AMG

Kelebihan Mobil SPORT Mercedez Benz SLS AMG


Proses development mobil yang ditasbihkan sebagai  'spiritual successor' dari Mercedes-Benz 300 SL "Gullwing" dilakukan secara penuh oleh AMG, sebuah divisi motorsport (pada masanya sebelum menjadi Mercedes-AMG) Mercedes-Benz.Mercedes-Benz pernah menghadirkan SLS AMG dalam versi bodi Coupé dan Roadster, belum termasuk adanya varian spesial mulai dari SLS AMG Coupé Black Series sampai SLS AMG Coupé Electric Drive. Namun bisa dikatakan versi coupe dari Mercedes-Benz SLS AMG yang lebih ikonik dan diincar oleh kolektor otomotif di Indonesia.

Di antara line-up keluarga sports car Mercedes-Benz selama ini, bisa dikatakan Mercedes-Benz SLS AMG masuk ke dalam jajaran Top 5. Suksesor resmi dari Mercedes-Benz SLR McLaren ini diproduksi sejak tahun 2010 sampai berakhir di tahun 2014, dan langsung menjadi masterpiece Mercedes-Benz di ranah sports car global.

1.Engine

Mesin 6.3 liter V8 DOHC yang merupakan nyawa Mercedes-Benz SLS AMG 2010 sama persis dengan milik C63 AMG dan E63 AMG. Walaupun kapasitas mesinnya sama dengan keluarga AMG lainnya, tapi SLS AMG punya tenaga yang lebih besar, 571 hp pada putaran mesin puncak 6800 rpm dan torsi maksimal sebesar 650 Nm pada putaran mesin 4570 rpm. 

Mesin ini uniknya ditempatkan secara front-mid, dimana posisi mesin persis di belakang as roda depan, yang berimbas pada distribusi bobot 47:53 depan dan belakang. Namun untuk sistem penggerak diarahkan sepenuhnya ke roda belakang melalui transmisi AMG SPEEDSHIFT DCT 7-percepatan. Dengan torehan performa 'monster', tidak salah jika mobil ini bisa melesat cepat bak jet fighter dengan torehan 0-100 km/jam dalam waktu 3.8 detik dan top speed bisa diraih hingga 317 km/jam.

2.Exterior

Bentuk bonnet yang panjang membuat mobil ini terasa sensual dengan lekuk pada sisi samping dan lekuk powerdome pada bagian kap mesin. Dari wajah bumper depan, bisa dilihat adanya headlight Bi-Xenon yang diposisikan bersamaan dengan LED Turn Indicator dan LED Daytime Running Lights pada frame vertikal agar selaras desainnya dengan side air intake. Di bagian area radiator grille terdapat logo Mercedes-Benz yang mendominasi besar ditemani wing-shaped cross fins. Pada bagian belakang bonnet depan terdapat sepasang air outlet grilles dengan 2 sirip pada sisi kiri dan kanan, yang meningkatkan karakter agresif di wajah depan Mercedes-Benz SLS AMG 2010.

Engineer Mercedes-Benz dan AMG membangun Mercedes-Benz SLS AMG 2010 dengan postur bodi 4,638 mm x 1,939 mm x 1,252 mm dengan format front-end memanjang, layaknya mobil sport 'angkatan' Mercedes-Benz 300 SL di era 50-an. Hal ini berimbas pada distribusi bobot 47% untuk bagian depan dan 53% diserahkan pada bagian belakang. 

Mercedes-Benz menghadirkan lekukan tegas pada sisi samping Mercedes-Benz SLS AMG 2010. Hal ini bertujuan menonjolkan posisi side air outlet dengan dua sirip, serta logo "6.3" berada di tengah sirip sebagai penanda sosok jantung mekanis yang ada di dalam ruang bonnet depan. Untuk akses ke dalam kabin, sudah bisa ditebak bahwa mobil ini memiliki pintu yang terbuka ke atas alias 'gullwing door' dengan tuas handle pintu ada di bagian bawah dan akan tersembunyi saat mobil terkunci atau dalam kondisi berjalan.

Pada buritan belakang Mercedes-Benz SLS AMG 2010 menghadirkan inovasi aerodinamika berupa retractable aerofoil yang akan terbuka pada kecepatan 120 km/jam untuk meningkatkan aerodinamika mobil. Mercedes-Benz menggunakan teknologi LED pada taillight yang didesain dengan format frame horizontal nan ramping. Pada bagian bumper bawah terdapat LED reversing light yang desainnya mengikuti gaya mobil balap F1, serta dipadukan black diffuser insert dan integral tailpipe trims. 

Info trouble truck Mitsubishi FUSO CANTER mogok penyebanya ini ternyata

3.Interior

Nuansa retro dan modern seolah berperan besar terhadap daya tarik interior Mercedes-Benz SLS AMG 2010. Kombinasi aksen leather merah dan hitam berpadukan detil chrome pada trim lubang A/C, sukses membawa suasana retro dan nostalgia di dalam ruang dashboard. Adapun unsur retro bisa ditemukan pada layout panel instrument cluster yang terkesan klasik. Desainer Mercedes-Benz dan AMG juga dengan cerdasnya mendesain bucket-seat-nya agar nyaman dan mewah, terutama karena masing-masing jok dibalut designo Nappa Leather.
Sebaliknya, kesan modern lebih terasa dari hadirnya detil instrument cluster berupa layar monokrom dengan lampu indikator LED untuk menandakan waktu upshift. Setir model AMG performance steering wheel hadir sebagai standar dengan dukungan paddle shift dan multifunction button. Dan pada central instrument menghadirkan layar infotainment 7 inci COMAND APS dengan Linguatronic dan Bang & Olufsen BeoSound AMG high-end surround sound system, serta tombol pengaturan automatic climate control THERMOTRONIC. 

4.Fitur

Otak dari semua keasyikan berkendara pada Mercedes-Benz SLS AMG 2010 terletak pada AMG Drive Unit. Pada tombol-tombol yang terletak di central consol berbahan metal ini tersedia tombol pengaturan mode berkendara sesuai kebutuhan, tombol untuk Keyless-Go Start Button, ESP® functions, extendable rear spoiler, dan AMG Memory Function. Tuas transmisi pada Mercedes-Benz SLS AMG 2010 menggunakan E-SELECT selector lever yang memiliki tuas terinspirasi oleh tuas di pesawat terbang.

Di sisi lain, Mercedes-Benz juga memastikan teknologi berkendara yang berkaitan terhadap keselamatan berkendara tetap tersedia. Mulai dari ADAPTIVE BRAKE system,  ASR, ESP®, ABS dan BAS dynamic control systems. Selain itu tersedia sistem keselamatan pasif berupa 8 airbag dan seatbelt 3 titik di masing-masing jok.

Hal positif lainnya dari Mercedes-Benz SLS AMG 2010 ialah karakter AMG sports suspension dengan format double wishbone yang mampu bisa mengakomodir stabilitas tanpa mengurangi efek kenyamanan pada saat yang bersamaan. Handling yang diberikan pengemudi pun bisa dibaca secara akurat, sehingga proses berpindah lajur bisa semakin cepat dan presisi. Hal ini pun semakin disempurnakan penggunaan ban berprofil 'belang'. Bukan belang dalam hal lebar, tapi diameter. Di depan menggunakan ban 265/35R19 P 98Y sedangkan belakang 295/30R20 P 101Y. Keduanya dikemas bersamaan pelek  5-twin-spoke AMG light-alloy wheels dan rem AMG high-performance compound brake system.

Baca juga fungsi lubang chasis pada mitsubishi pickup L300

Simak spesifikasi Mercedes-Benz SLS AMG 2010 dalam tabel berikut ini.

Dimensi Mercedes-Benz SLS AMG 2010

Panjang x Lebar x Tinggi

4,638 mm x 1,939 mm x 1,252 mm

Jarak Poros Roda

2,680  mm

Mesin Mercedes-Benz SLS AMG 2010

Tipe Mesin

6.3 liter V8 DOHC 

Isi Silinder

8 silinder

Daya Maksimum

571 hp @ 6,800 rpm

Torsi Maksimum

650 Nm @ 4,570 rpm

Kecepatan 0-100 km/jam

3.8 detik

Kecepatan Tertinggi

317 km/jam

Transmisi

AMG SPEEDSHIFT DCT 7-percepatan

Kaki-Kaki Mercedes-Benz SLS AMG 2010

Suspensi Depan & Belakang

Aluminium double wishbone axle, AMG Sports Suspension, Coil springs, gas-filled shock absorbers/coil springs, gas-filled shock absorbers

Sistem Rem

AMG high-performance compound brake system

Tipe Pelek

5-twin-spoke AMG light-alloy wheels (19 inch + 20 inch)

Ban Depan

265/35R19 P 98Y

Ban Belakang

295/30R20 P 101Y

Share This :