Penyebab Indikator OLI MESIN Menyala Saat Engine Sudah ON pada Mobil

Penyebab Indikator OLI MESIN Menyala Saat Engine Sudah ON pada Mobil

Dalam artikel kali ini banyak sekali keluhan dari pemilik kendaraan yang mengeluhkan indikator oli mesin yang berupa lampu merah seeprti lampu aladin itu mati.Ketika kunci kontak On maka sebaiknya itu kan menyala namun informasi customer indikator itu mati.

Maka saya sarankan agar kendaraan segera dibawa ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.Karena indikator tersebut merupakan dan menandakan bahwa oli sudah berkeja dengan baik dapat sirkulasi ke system di engine ketika mati saat kendaraan sudah hidup.

Jadi saat kunci kontak on indikator sudah mati maka menandakan bahwa terjadi kerusakan pada switchnya atau kabel yang berhubungan dengan switch tersebut.Yang seharusnya menyala saat kunci kontak on dan itu mati maka kita tidak dapat mengetahui apakah nantinya oli mesin dapat bekerja dengan baik atau tidak. 

Yang sering terjadi keruksakan ketika kunci kontak ON namun indikator lampu mati maka kita ceka dulu kabelnya.Kabel coba kita hubungkan langsung dengan ground.Apabila indikator menyala menandakan jalur kabel untuk switch oli mesin dalam keadaan baik. 

Berbeda jika kabel di tempelkan ground kemudian kita cek indikator lampunya tidak menyala maka kemungkinan ada kabel yang putus.Segera lakukan pemeriksaan terhadap kabel tersebut karena wiring system di mobil untuk jalur indikator oli mesin dikontrol oleh ground atau massa. 

Info service Fungsi lubang di chasis pada mobil Mitsubishi L300

Kembali ke topik indikator oli saat kunci kontak ON mati dan saya sudah jelaskan di atas bahwa jika digroundkan kabelnya ,indikator menyala maka pasti kerusakan ada di switch oli.Ganti switch oli mesin dengan yang baru sehingga indikator oli mesin dapat menyala lagi saat kunci kontak on. 


Switch oli mesin ini didalamnya ada sebuah diafragma dan sebuah switch penghubung.Saat kunci kontak on switch ini terhubung sehingga indikator oli di dashboard akan menyala.Apabila saat switch oli ini terkena tekanan oli mesin saat engine sudah hidup maka switch tersebut akan putus sehingga indikator lampu oli akan mati.

Baca juga Penyebab transmisi alot susah masuk gigi pada mobil


Share This :