Kendaraan sedan dan yang saya bahas
di artikel kali ini adalah mitsubishi lancer.Dimana ada keluhan dari customer
yang ban belakangnya cepat sekali aus bagian dalam.Baik itu roda kanan atau
roda kirinya untuk ban bagian belakang.Biasanya untuk ban yang cepat aus adalah
ban bagian depan bukan yang ban belakang.
Ternyata dari kendaraan sedan
mitsubishi lancer ini menggunakan penyetelan spooring untuk roda belakangnya
juga.Tidak hanya depan namun juga roda belakang perlu dilakukan spooring jika
terjadi trouble demikian.Karena ban sendiri harganya lumayan menguras kantong
maka perlu sekali dilakukan spooring jika mengalami trouble atau masalah ban
roda belakang cepat aus.
Yang perlu diperiksa pertama-tama
adalah kondisi dari tie roda dan bhusing sayapan roda.Baik roda kanan atau
kiri,jika ada yang sudah rusak maka perlu diganti.Cek juga kondisi bearingnya
apakah kocak atau masih dalam posisi yang kencang.Karena jika ada salah satu
kondisi bearing atau bhusing yang kocak maka penyetelan spooring tidak akan maksimal.
Kadang untuk modifikasi pada roda belakang dibuat chamber yang extream hampir terlihat dari belakang untuk ban belakang sangat miring sekali.Memang untuk modifikasi terlihat bagus akan tetapi tidak nyaman digunakan untuk keseharianya.
Setelah semua komponen yang rusak
terutama bhusing dan bearing sudah normal maka lakukan proses spooring.Ban
belakang untuk toe in nya dibuat standar kurang lebih +0,5 atau dibuat 0.Karena
jika terlalu toein akan membuat ban cepat aus bagian dalam.Chamber juga dibuat
+ 0,5 agar posisi roda tidak terlalu miring.
Banyak modif kendaraan untuk roda
belakang dibuat chamber lebih banyak yang nantinya akan berpengaruh terhadap
keusan ban bagian dalam.Memang untuk segi kenyamanan sangat kurang untuk ban
yang dibuat chamber terlalu banyak untuk roda belakang.
Pernah terjadi dikendaraan saat ban
makan dalam,keausannya sangat besar dan setelah dilakukan spooring tanpa
pemeriksaan bagian bhusingnya.Ternyata beberapa minggu terlihat keausan ban
dibagian yang sama.Untuk itu pemeriksaan suspensi perlu dilakukan sebelum
dilakukan proses spooring.Apabila tidak dilakukan maka proses spooring akan
percuma.
Saat ban makan dalam tadi setelah
diperiksa dengan spooring ternyata untuk toe innya lebih besar dari +3.Jadi
terlihat ban roda belakang lebih menciut kedalam jika dilihat dari
depan.Seharusnya ban lurus terhadap body kendaraan.Hal ini dikarenakan bhusing
sayapan sudah pecah sehingga sayapan bergeser dari dudukanya.
Sebagian kendaraan memang ada yang roda belakang dilakukan spooring namun hanya teretentu saja.Jika kendaraan mengalami ban aus tidak rata maka sebaiknya lakukan spooring roda depan dan belakang sekalian.
JIka ini terjadi pada kendaraan
anda yang mengalami masalah ban belakang makan tidak rata,terutama ban aus
bagian dalam untuk roda belakang bisa jadi dari komponen yang sudah saya
jelaskan di atas.Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi pengetahuan dan
pengalaman pada kendaraan anda.
Share This :
comment 0 comments
more_vert