LOKASI ECU XPANDER !!! Mudah Ditemukan dan Lepasnya Mudah

LOKASI ECU XPANDER !!! Mudah Ditemukan dan Lepasnya Mudah


Engine control unit hanya satu di kendaraan namun untuk control unit yang lainnya ada tambahan.Misal control unit untuk ABS,SRS,Etacs dan system yang lainnya.Kali ini artikel saya menulis letak dari engine ecu mitsubishi xpander.

Semua mobil yang sudah injeksi terutama kendaraan bensin menggunakan sebuah engine control unit.Agar semua sensor dan actuator dapat bekerja dengan baik maka ada sebuah control yang mengaturnya.

Control unit ini mengatur hanya untuk system engine dari pengapian dan bahan bakar dan juga untuk system yang lainnya.Jika terjadi kerusakan pada ecu maka bisa membuat engine mogok.Entah itu rusak karena tidak ada pengapian atau system bahan bakar yang bermasalah.

Letak dari engine control unit untuk kendaraan mitsubishi xpander ada di bagian cabin.Tepatnya di bagian bawah dasboard sebelah kiri.Disitu nanti ada kotakan berwarna hitam tidak begitu besar dan ada socket tiga buah yang menancap di ecu.

Kadang untuk kendaraan lainnya lokasi ecu ada di bagian depan di ruangan engine.Entah mengapa dari pabrikan di taruh di ruang engine mungkin ada alasan tertentu.Bisa jadi kalau di ruang engine lokasinya lebih tinggi sehingga bebas dari genangan air ketika mobil kebanjiran.

Info service FUEL CUT MOTOR PROBLEM !!! Penyebab Engine Truck Canter Tidak Menyala

Untuk yang akan memodifikasi mobilnya dengan tabahan lampu variasi maka sebaiknya jangan langsung jumper di engine control unit.Karena jika terjadi konslet maka akan menjalar ke ecu sehingga menyebabkan kerusakan di ecu itu sendiri.

Namun untuk lokasi ecu yang didalam kabin juga tidak sepenuhnya ada di bawah lantai dasar dari ruang kabin.Biasanya menempel di dinding pilar di samping bawah dashboard.Jadi meskipun melewati jalan genangan air banjir masih aman.

Baca juga KAPAN TERAKHIR GANTI !!! Motor Blower Bermsalah Penyebab Engine Over Heat

Biasanya untuk mekanik yang ingin mencari letak posisi ecu mitsubishi xpander untuk perbaikan masalah trouble shooting maka semoga artikel ini membantu.

Share This :