SUARA KASARnya PARAH !!! Inilah Penyebab Suara Abnorma Di Engine Mitsubishi Fuso CANTER

SUARA KASARnya PARAH !!! Inilah Penyebab Suara Abnorma Di Engine Mitsubishi Fuso CANTER

Kali ini saya akan membahas permasalahan atau trouble shooting di kendaraan mitsubishi truck colt diesel canter.Banyak sekali untuk penyakit truck canter yang sudah saya tangani berkali-kali.Dimana troublenya yaitu bunyi abnormal ketika engine hidup.

Saat itu pemilik kendaraan sangat khawatir jika yang rusak bagian mesinya seperti rusak ketika kehabisan oli.Suara sangat kasar dan aneh.Apabila memnag dari engine pelanggan pasati akan keluar uang service lebih banyak.

Suara aneh dan kasar timbul dari bagian mesin dan semakin kencang ketika pedal gas di injak.Jika didengarkan secara seksama suara tersebut berasal dari sekitar turbo.Bukan turbo yang rusak namun lebih teliti lagi suara ada didalam alternator atau dinamo amper.

Untuk memastikanya lagi yaitu dengan melepas fan belt yang menghubungkan alternator dengan putaran engine.Setelah dilepas maka engine di star dan menyala.Ternyata suara abnormal kasar tadi tidak muncul sama sekali.Baik saat engine stasioner atau saat pedal gas di injak suara engine yang terdengar.

Semua kabel kelitrikan dilepas terutama kabel minus aki yang ada dibattery.Agar lebih aman saat melepas kabel yang menempel di dinamo amper mobil truck canter ini.Jadi yang dilepas minus battery bukan positifnya.

Maka langsung di eksekusi pembongkaran alternator di mitsubishi fuso truck canter ini.Over houle semuanya dan dibersihkan komponen yang dibongkar dan langsung penggantian bearing dinamo ampernya.

Bearing yang ada di bagian depan ujung pulley kita ganti karena bearing jika diputar secara manual bersuara ngorok dan kasar.Maka hal itulah part komponen penyebab suara kasar di engine mitsubishi fuso canter.Ganti dengan yang baru dan kemudian test secara manual dengan cara diputar.

Info trouble salah satu penyebab ban roda depan cepat aus

Setelah diputar tidak muncul masalah lagi di alternatornya.Langsung dipasang kembali di mobil,semua komponen dan kabel yang berhubungan dipasang kembali.Fan belt juga langsung dipasang dan hasilnya setelah engine dinyalakan.

Sangat halus dan suara engine yang terdengar.Suara abnormal kasar tadi sudah hilang sama sekali.Pelanggan sangat puas atas pelayanan bengkel dan besok infonya mau service lagi di bagian yang lainnya.

Baca juga Fungsi lubang di chasis kendaraan mitsubishi pickup L300

Karena dikira sebelumnya tadi yang penyebab suara kasar adalah turbonya sehingga pemilik takut karena pasti harga turbo mahal.Yang rusak bukan turbonya melainkan bearing alternator yang diganti dengan keluar biaya service yang murah

Share This :