MESINYA KASAR BANGET !!! Inilah Salah Satu Penyebab Suara Engine Kasar Pada Truck Canter Box Freezer

MESINYA KASAR BANGET !!! Inilah Salah Satu Penyebab Suara Engine Kasar Pada Truck Canter Box Freezer

Waktu itu pelanggan datang ke bengkel untuk service kendaraanya.Dimana kendaraan ini mengalami suara engine yang kasar.Engine kasar ini tidak secara terus menerus dan suara abnormalnya ini kadang-kadang terjadi.

Waktu perjalanan dibawa ke bengkel timbul suara kemudian abnormal namun setelah sampai bengkel sura tersebut sama sekali tidak muncul.Suara kasar ketika engine di nyalakan kemudian di gas akselerasi juga tidak muncul sama sekali.

Namun setelah melihat kondisi engine tidak ada yang aneh.Kasar engine apakah dari metal jalan atau metal duduknya analisa saya.Namun engine hidup tidak ada yang aneh dan penyebabnya bukan dari komponen itu.

Setelan valve juga dilakukan untuk memeriksa kondisi dari valve apakah ada hal yang tidak normal.Dimana setelah valve dibuka ternyata tidak ada yang aneh.Semua dalam kondisi normal dari setelan valvenya dan dilakukan penyetelan ulang agar kembali ke setelan standar.

Karena mobil ini digunakan untuk freezer maka ada sebuah kompresor ac di engine.Kompresor digerakan dengan sebuah kipas dari puley engine.Dan di situ agar tegangan fan belt bisa di stel ada sebuah tensioner.

Dari kondisi tensioner itu di analisa ternyata ketika engine hidup tensioner tidak ikut berputar.Fan belt selip dari tensioner sehingga fan belt sangat panas begitu juga dari puley tensionernya.Langsung di buka tensionernya dan ternyata memang kerusakan dari komponen itu.Tensioner ada sebuah bearing dan ternyata sudah ambrol.

Info service Kerusakan yang sering terjadi pada transmisi truck canter

Langsung diganti bearingnya saja karena tensioner itu didalamnya ada sebuah bearing.Jadi tidak perlu diganti assy cukup bearing saja.Dan ternyata setelah diganti bearing kemudian dipasang di mobil ternyata tidak ada kendala.Suara mesin langsung halus tidak timbul suara abnormal lagi.

Mobil dibawa pelanggan dan setelah beberapa hari kami lakukan follow up ternyata tidak ada kendala pada mobilnya.Mobil suara normal saat jalan dan saat diakselerasi juga tidak ada masalah.Trouble selesai dan penyebab suara abnormal dari bearing tesnsionernya.

Apabila mobil truck box freezer mengalami hal yang sama yaitu suara mesin kasar maka bisa jadi penyebabnya adalah dari bearing tensioner untuk system ac pada kompresornya.

Baca juga Penyebab truck canter tidak bisa distarter I Engine Mogok

Share This :