Cara Perawatan Sederhana Yang Membuat Mobil Matic Lebih Awet

Cara Perawatan Sederhana Yang Membuat Mobil Matic Lebih Awet


Masyarakat yang bermobilitas di perkotaan khususnya, mulai menyadari bahwa mobil matik memiliki banyak keuntungannya. Wajar, bila mobil dengan transmisi otomatis atau mobil matik sudah banyak digunakan masyarakat perkotaan.Karena penggunaan yan glebih mudah dan juga simple.

Selain memberikan kemudahan, transmisi matik juga memberikan kenyamanan bagi pengemudinya saat berkendara di jalanan padat atau macet parah. Dibanding mobil dengan transmisi manual, mobil matik membuat kamu lebih rileks dan tidak merasa kecapaian.Terutama di kaki kiri untuk menginjak pedal kopling ketika kondisi jalan yang macet.

Sayangnya di balik semua kemudahan dan kenyamanan yang diberikan, mobil matik ternyata mempunyai kelemahan terhadap mesin bila tidak dirawat dengan saksama. Terlebih kondisi jalanan di perkotaan saat ini sudah padat, maka kondisi mobil harus terus terjaga agar mobil tetap dalam kondisi terbaik.

Berikut beberapa saran yang bisa kamu coba supaya mobil matik kesayangmu tetap awet.

Cek Kondisi Transmisi (Persneling) Secara Berkala

Transmisi pada mobil matik memiliki peran penting dan merupakan bagian vital. Untuk mengecek kondisi transmisi, cobalah untuk melakukan uji jalan. Jika kamu merasakan getaran saat perpindahan persneling, kemungkinan besar mobil matikmu mengalami masalah pada bagian transmisi. Servislah secara berkala sesuai petunjuk dealer resmi untuk menghindari kerusakan bagian transmisi.Cek juga untuk oli maticnya apakah sudah berubah warna menjadi coklat hitam atau masih merah segar.

Untuk oli matic biasanya menggunakan oli khusus dengan warna merah.Menggunakan oli ATF (automatic transmisioin fluid).Jadi tidak sembarangan untuk ganti oli maticnya harus memakai oli khusus.Periksa juga kebocoran oli matic apabila ada yang bocor atau rembes maka akan membuat transmisi bekerja tidak maksimal.Kekurangan jumlah oli matic akan sangat berpengaruh terhadap performa matic itu sendiri.



Rutin Periksa Oli Mesin

Terkadang untuk mengecek oli luput dari perhatian. Padahal melakukan ganti oli secara berkala dapat menjaga mobil tetap dalam kondisi terbaik. Selain itu, regular servis saja belum cukup untuk membuat performa mobil kembali semua.Oli mesin biasanya diganti secara berkala setiap  10.000 km beserta oil filternya.Untuk mobil matic tidak hanya matic saja yang perlu dirawat namun saling berhubungan dengan engine.

Apalagi kondisi perjalanan yang padat dan macet membuat mesin mobil bekerja lebih berat, sehingga keausan mesin terjadi lebih tinggi. Maka itu, kamu harus memberikan jenis pelumas yang sesuai dengan kondisi perjalanan dan jenis mesin mobil.Untuk mobil sekarang terbaru menggunakan oli mesin dengan kualitas terbaik yaitu jenis SN 0-20 W.Dimana oli ini sangat encer sekali sehingga akan mempermudah pelumasan di komponen engine terutama di celah yang sangat sempit.

Meski Tidak Digunakan, Panaskan Mobil Setiap Hari

Selain berguna untuk mesin, memanaskan mobil juga bermanfaat untuk aki mobil. Memanaskan mesin mobil sangatlah penting untuk mencegah mobil mogok. Nyalakan mesin mobil di pagi hari dengan kondisi persneling atau transmisi mobil matik berada di posisi N.Agar battery atau aki dapat charge dari dynamo ampernya.Kendaraan yang jarang digunakan akan membuat aki cepat drop tidak kuat start dan tentunya akan membuat aki lama-kelamaan menjadi rusak.



Gunakan Posisi Persneling yang Sesuai

Hindari penggunaan persneling posisi P jika mobil matik belum benar-benar berhenti. Selain itu, hindari juga persneling pada posisi N saat mobil sedang di parkir. Sebaiknya kamu menggunakan transmisi pada posisi P ketika parkir. Hati-hati saat menjalankan mobil matik, sebab salah menerapkan posisi persneling dapat merusak kondisi transmisi mobil matikmu.

Selain melakukan perawatan rutin secara berkala di bengkel, empat cara sederhana ini juga dibutuhkan untuk membantu menjaga keawetan mobil matikmu.Untuk pemeriksaan tidak juga harus dilakukan dibengkel.Dirumah pun bisa saat lagi waktu senggang sehingga kendaraan anda selalu terkondisikan dengan baik.
Share This :