Salah Satu Penyebab Steering Berat Pada Mitsubishi Fuso Truck Canter

Salah Satu Penyebab Steering Berat Pada Mitsubishi Fuso Truck Canter


Pada kendaraan truck fuso canter sering mengalami steering berat.Hal ini dikarenakan untuk power steeringnya tidak bekerja dengan baik.Bisa jadi oli power steering berkurang karena terjadi rembesan atau kebocoran.Atau dari king pin yang bermasalah yaitu macet sehingga untuk berbelok kekanan dan ke kiri terasa berat.

Di kendaraan canter sekarang sudah menggunakan power steering dikendaraanya.Namun setelah pemakaian lama akan terjadi rembesan dan kebocoran karena fungsi komponen yang sudah melemah.Baik itu dari seal atau selang yang sudah mulai berkurang daya elastis nya.

Untuk mitsubishi fuso canter ada dua tipe untuk gearbox power steeringnya.Dimana jika terjadi remebsan atau bocor pada gear box untuk type yang pertama bisa diganti sealnya saja untuk bagian atas yang dapat as steer.Untuk type yang kedua dari pabrik tidak menyediakan seal sehingga jika terjadi kebocoran maka perlu dilakukan perbaikan dengan cara yang berbeda.



Harus diketahui bahwa jika power steering tiba-tiba menjadi berat maka langkah pertama adalah periksa terlebih dahulu dari oli pwer steeringnya.Apakah masih dalam posisi maksimal atau posisi low.Jika kurang maka perlu ditambah agar steering menjadi ringan kembali.

Jika oli power steering berkurang banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.Kemungkinan ada remebesan atau kebocoran minyak power steeringnya.Dapat diperiksa dibagian bawah kendaraan apakah ada tetesan oli atau tidak.Jika ada tetesan berarti oli tersebut adalah oli atau minyak power steering.

Biasanya minyak power steering selalu berwarna khusus yaitu merah.Jadi dapt membedakan mana untuk oli mesin dan oli power steering.Jika mesin dan power steering bocor maka dengan cara tersebut untuk membedakanya.Jika sudah ketemu dari mana tetsan atau rembesan minyak power steering maka perlu diteliti lebih dalam lagi.


 Komponen apa yang menyebabkan oli power steering tersebut bocor.Apakah dari sambungan selang atau seal dan dari komponen yang lainnya.Yang sering terjadi adalah sambunga press selang tekanan tinggi yang sering rembes.Rembesan memang sedikit namun jika dibiarkan akan menjadi banyak dan oli tentunya akan berkurang.

Jika berkurang maka bisa menyebabkan power steering pump akan cepat rusak.Karena jumlah oli yang kurang sedangkan engine tetap berputar begitu juga dengan pompa power steering maka pelumasan tidak terjadi di system power steering.Apabila urgent maka selalu sediakan minyak power steering dibagasi agar sewaktu-waktu dibutuhkan sudah tersedia.


Selain dari minyak power steering yang berkurang penyebab steering berat yaitu dari king pinya.Jika sering melewati jalan berair atau air garam atau air laut maka akan terjadi king pin yang tidak dapat bergerak bebas atau macet.Untuk itu selalu lakukan pelumasan di suspendi depan kendaraan anda.Agar terhindar dari macet dan gerak king pin yang abnormal,begitu juga dengan tie rod dan per daunya perlu dilumasi. 
Share This :