Merubah Lampu Spedometer Manual Menjadi Kekinian Dengan LED

Merubah Lampu Spedometer Manual Menjadi Kekinian Dengan LED


Spedometer type kendaraan sekarang ini sudah menggunakan lampu LED untuk penerangan di dashboardnya.Tidak lagi menggunakan lampu bolamp yang kecil seperti pada kendaraan motuba.Karena jika lampu bolamp mati maka spedometer akan redup dan tidak terang saat malam hari terutama untuk melihat indikator yang ada pada dashboard.

Jika terjadi putus bolamp bisa langsung diganti secara manual dan tentunya lebih simple dan mudah.Spare part yang diperlukan juga banyak dijual ditoko onderdil motor atau mobil.Bisa juga di variasi modifikasi yang ada di dekat tempat tinggal anda.

Sangat murah dan mudah untuk pemasanganya sehingga bisa anda coba pasang sendiri dirumah anda.Tanpa harus dibawa kebengkel untuk pemasangan lampu led ini.Tingga melepas tutup dashboard yang di ikat dengan sebuah baut.Biasanya ada 4 buah baut pengikat.Atau juga yang hanya menempel dengan sebuah rumah pengikat.

Sehingga jika redup kemungkinan ada yang mati.Untuk lampu spedometer banyak menggunakan lampu bolamp biasa yang berwarna kuning terang.Kita bisa memodifikasi lampu tersebut dengan berbagai warna sesuai kesukaan kita.Yaitu dengan mengganti lampu bolamp dengan lampu LED.

Agar terlihat lebih terang dan tentunya akan lebih berwarna sesuai kesukaan.Untuk malam hari nuansa lampu di spedometer akan terlihat lebih mewah dan tidak kalah dengan mobil sekarang ini yang sudah menggunakan LED.Jika lampu led putus maka tinggal ganti belikan yang baru dan dipasang kembali.




Untuk type mobil yang baru sekarang ini yang menggunakan lampu LED didashboardnya jika terjadi kerusakan harus ganti spedometer assy.Karena lampu led sangat kecil sekali dan menjadi satu kesatuan dengan rumah dari odometer beserta indikator yang lainnya.

Untuk itu agar lampu spedometer dalam keadaan baik dan awet,lakukan pemasangan variasi lampu atau variasi yang lain sesuai prosedur yang benar.Kadang untuk pemasangan variasi mengambil tegangan yang terdekat,entah itu dari kabel engine atau system yang lain.

Karena jika ada lampu variasi yang rusak maka akan menjalar atau merambat ke system yang lainya.Semua akan berpengaruh dan mungkin saja bisa terjadi trouble yang lain.Jika perlu kasih tambahan fuse atau sakering setiap pemasangan variasi dikendaraan agar safety.Karena jika ada yang konslet maka kerusakan tidak menjalar ke jalur kabel yang utama dikendaraan.


Kembali ke lampu jika lebih menarik lagi maka untuk penggantian lampu LED dengan perpaduan berbagai warna.Sehingga akan terlihat serasi saat malam hari.Tidak monoton dengan satu warna namun sudah menggunakan perpaduan yang sempurna.Sehingga jika akan terlihat menawan saat kendaraan berjalan dimalam hari.Selamat mencoba ya sobat otomotif dikendaraan motuba anda.

Share This :