Kendaraan sekarang ini banyak sekali yang menggunakan transmisi
otomatis.Dari kendaraan besar sampai kendaraan kecil,karena memang cara
penggunaan yang mudah juga perawatan yang baik akam membuat transmisi otomatis
tidak cepat rusak.
Namun banyak pengguna kendaraan atau pemilik kendaraan yang masih
belum bisa atau belum terbiasa menggunakan transmisi otomatis.Sehingga akan
terasa kaku saat akan menjalankan kendaraanya.Maka untuk itu artikel ini saya
buat agar para pemilik kendaraan yang baru akan belajar transmisi otomatis
dengan mudah dan cepat bisa.Semoga bermanfaat bagi para pemilik kendaraan baru
yang menggunakan transmisi matic.
Informasi bagi pemilik kendaraan bahwa transmisi otomatis itu
waktu start engine ada posisi tertentu.Yaitu hanya ada di posisi P dan N,selain
posisi tersebut engine tidak dapat distarter.Maka sebelum mengoperasikan mobil
matic posisi transmisinya di P atau N.Setelah engine menyala maka sangat
penting sebelum handle transmisi dipindahkan maka wajib untuk menginjak pedal
remnya.
Dikarena untuk keamanan yaitu ketika handle dipindah dari P ke R
atau D maka kendaraan akan langsung berjalan tanpa kita menginjak rem dan juga
pedal gasnya.Agar lebih safety dan kendaraan tidak jalan maka sebaiknya injak
rem dengan kuat.Dan jangan lupa untuk hand rem selalu diposisi ke posisi
mengunci dan ketika kendaraan akan berjalan wajib untuk di lepaskan.
Setelah diposisi D maka jangan lupa lepaskan tuas rem parkir atau
hand brake pada kendaraan.Lalu sambil rem dilepas maka kita injak pedal
gas secara perlahan-lahan.Mengapa demikian karena jika pedal gas di injak
spontan maka kendaraan akan langsung loncat dan jalan lebih kencang yang bisa
mengakibatkan kecelakaan dalam berkendara.
Info service Cara jumper aki kendaraan yang mogok secara benar
Banyak yang belajar mobil matic tidak mengerti akan hal
ini.Langsung tancap gas sehingga kendaraan langsung berlari dengan
kencang.Bayangkan jika didepan ada kendaraan lain atu posisi yang turunan maka
akan menabrak kendaraan di depanya dan juga akan menerobos jalan dengan kencang
dan tidak terkendali.
Setelah jalan injak pedal gas secara smooth sampai kendaraan dapat
berjalan sesuai yang di inginkan.Jangan lupa selalu gerak cepat untuk menginjak
pedal rem jika kendaraan akan dikurangi kecepatanya.Untuk menginjak pedal rem
juga harus selalu perlahan-lahan karena jika langsung mendadak maka bisa
kendaraan lain dibelakang kita akan menabrak kendaraan yang kita kendarai.
Hal semacam ini bisa dilakukan secara berulang –ulang agar posisi
kaki kita selalu siap siaga dalam segala kondisi dijalan.Karena dengan sigap
maka mengurangi terjadi kecelakaan dijalan.Untuk berlatih matic sebaiknya
dilakukan diarea terbuka yang luas sehingga lebih aman.Misal dilapangan atau
jalan yang lebar dan sepi pejalan kaki.
Untuk menggunakan transmisi otomatis sebaiknya menggunakan kaki
sebelah kanan saja untuk menginjak rem dan pedal gasnya.Untuk kaki kiri di
bebaskan dan hanya menginjak lantai.Ini dikarenakan jangan salah untuk
menginjak rem dengan kaki kiri.Yang terbiasa transmisi manual akan menggunakan
kaki kiri untuk menginjak kopling.
Menurut informasi terdahulu kendaraan matic diciptkan untuk orang
yang sakit pada kaikinya bahkan untuk orang cacat kaki.Sehingga lebih mudah
untuk mengendarai kendaraan meskipun dalam keadaaan sakit di kakinya.Dengan
seiring perkembangan zaman maka mobil matic banyak diproduksi oleh
beberapa pabrikan otomotif untuk semua
kendaraanya.
Padahal untuk transmisi otomatis tidak menggunakan pedal
kopling.Dikhawatirkan kaki kanan menginjak pedal gas padahal seharusnya yang di
injak pedal rem,seketika itu kendaraan akan langsung loncat.Dengan begini
menggunakan satu kaki kanan dalam berkendaraan matic sangat penting karena akan
mengurangi resiko salah injak pedal,baik itu pedal gas atau pedal koplingnya.
Semoga bermanfaat bagi para driver yang baru belajar mobil matic.
Share This :
comment 0 comments
more_vert