Belajar Mobil Matic Lebih Mudah Dan Gampang Untuk Pemula

Belajar Mobil Matic Lebih Mudah Dan Gampang Untuk Pemula


Kendaraan sekarang ini banyak sekali yang menggunakan transmisi otomatis.Dari kendaraan besar sampai kendaraan kecil,karena memang cara penggunaan yang mudah juga perawatan yang baik akam membuat transmisi otomatis tidak cepat rusak.

Namun banyak pengguna kendaraan atau pemilik kendaraan yang masih belum bisa atau belum terbiasa menggunakan transmisi otomatis.Sehingga akan terasa kaku saat akan menjalankan kendaraanya.Maka untuk itu artikel ini saya buat agar para pemilik kendaraan yang baru akan belajar transmisi otomatis dengan mudah dan cepat bisa.Semoga bermanfaat bagi para pemilik kendaraan baru yang menggunakan transmisi matic.

Informasi bagi pemilik kendaraan bahwa transmisi otomatis itu waktu start engine ada posisi tertentu.Yaitu hanya ada di posisi P dan N,selain posisi tersebut engine tidak dapat distarter.Maka sebelum mengoperasikan mobil matic posisi transmisinya di P atau N.Setelah engine menyala maka sangat penting sebelum handle transmisi dipindahkan maka wajib untuk menginjak pedal remnya.

Dikarena untuk keamanan yaitu ketika handle dipindah dari P ke R atau D maka kendaraan akan langsung berjalan tanpa kita menginjak rem dan juga pedal gasnya.Agar lebih safety dan kendaraan tidak jalan maka sebaiknya injak rem dengan kuat.Dan jangan lupa untuk hand rem selalu diposisi ke posisi mengunci dan ketika kendaraan akan berjalan wajib untuk di lepaskan.

Setelah diposisi D maka jangan lupa lepaskan tuas rem parkir atau hand brake pada kendaraan.Lalu sambil rem dilepas  maka kita injak pedal gas secara perlahan-lahan.Mengapa demikian karena jika pedal gas di injak spontan maka kendaraan akan langsung loncat dan jalan lebih kencang yang bisa mengakibatkan kecelakaan dalam berkendara.




Banyak yang belajar mobil matic tidak mengerti akan hal ini.Langsung tancap gas sehingga kendaraan langsung berlari dengan kencang.Bayangkan jika didepan ada kendaraan lain atu posisi yang turunan maka akan menabrak kendaraan di depanya dan juga akan menerobos jalan dengan kencang dan tidak terkendali.

Setelah jalan injak pedal gas secara smooth sampai kendaraan dapat berjalan sesuai yang di inginkan.Jangan lupa selalu gerak cepat untuk menginjak pedal rem jika kendaraan akan dikurangi kecepatanya.Untuk menginjak pedal rem juga harus selalu perlahan-lahan karena jika langsung mendadak maka bisa kendaraan lain dibelakang kita akan menabrak kendaraan yang kita kendarai.

Hal semacam ini bisa dilakukan secara berulang –ulang agar posisi kaki kita selalu siap siaga dalam segala kondisi dijalan.Karena dengan sigap maka mengurangi terjadi kecelakaan dijalan.Untuk berlatih matic sebaiknya dilakukan diarea terbuka yang luas sehingga lebih aman.Misal dilapangan atau jalan yang lebar dan sepi pejalan kaki.

Untuk menggunakan transmisi otomatis sebaiknya menggunakan kaki sebelah kanan saja untuk menginjak rem dan pedal gasnya.Untuk kaki kiri di bebaskan dan hanya menginjak lantai.Ini dikarenakan jangan salah untuk menginjak rem dengan kaki kiri.Yang terbiasa transmisi manual akan menggunakan kaki kiri untuk menginjak kopling.

Menurut informasi terdahulu kendaraan matic diciptkan untuk orang yang sakit pada kaikinya bahkan untuk orang cacat kaki.Sehingga lebih mudah untuk mengendarai kendaraan meskipun dalam keadaaan sakit di kakinya.Dengan seiring perkembangan zaman maka mobil matic banyak diproduksi oleh beberapa  pabrikan otomotif untuk semua kendaraanya.


Padahal untuk transmisi otomatis tidak menggunakan pedal kopling.Dikhawatirkan kaki kanan menginjak pedal gas padahal seharusnya yang di injak pedal rem,seketika itu kendaraan akan langsung loncat.Dengan begini menggunakan satu kaki kanan dalam berkendaraan matic sangat penting karena akan mengurangi resiko salah injak pedal,baik itu pedal gas atau pedal koplingnya.

Semoga bermanfaat bagi para driver yang baru belajar mobil matic.

Share This :