Pada saat kendaraan mengalami kerusakan terutama pada engine yang
perlu dan harus dilakukan engine over houle maka yang perlu dilakukan adalah
pemeriksaan pada piston.Baik itu pada ring piston,piston dan bearing conecting
rod apakah sudah aus atua masih dalam keadaan bagus.
Perlu diketahui bahwa kendaraan yang harus dilakukan engine over
houle adalah kendaraan yang mengalami tekanan kompresi rendah.Sehingga tenaga
engine juga akan terpengaruh,bukan itu saja hal yang perlu dan sangat penting
adalah konsumsi oli boros.
Jadi saat penggantian oli mesin dengan di isi sesuai batas stick
pengukur jumlah oli sudah pada posisinya.Namun dengan kendaraan berjalan kurang
lebih dua minggu jumlah oli berkurang dua liter.Maka hal ini dikarenakan ada
oli yang masuk kedalam ruang bakar dan akan ikut terbakar sehingga lama
kelamaan jumlah oli mesin akan berkurang.
Disamping itu akan terlihat pada exhaust manifold atau bagian
knalpot akan keluar asap putih.Hal itu merupakan oli yang ikut terbakar dan
keluar ke udara bebas dapat di amati dengan keluar asap putih pada kendaraan
gasoline engine.
Komponen ring piston wajib diganti jika sudah terjadi seperti
ini,piston dan cylinder liner juga.Untuk cylinder liner dapat kita buat lebih
besar atau sering kita sebut over size sehingga diameter lubang cylinder akan
lebih besar dan piston juga ring piston akan mengikuti.
Berbeda jika cylinder liner kita kembalikan ke posisi standar maka
engine akan kembali seperti dari pabrik.Dan untuk piston juga ring piston juga
wajib diganti.Untuk pemasangan ring piston lakukan secara menyilang antara ring
piston no satu dan ring piston nomer 2.Ring piston nomer tiga merupakan ring
untuk oli sehingga letaknya tidak begitu berpengaruh terhadap engine.
Baca juga Penyebab ban belakang mobil sedan cepat aus
Share This :
comment 0 comments
more_vert