Penyebab Steering Getar Pada Kendaraan Mitsubishi Truck Canter

Penyebab Steering Getar Pada Kendaraan Mitsubishi Truck Canter

Masih seputar informasi tentang otomotif maka kali ini saya akan menulis artikel setelah pengerjaan service king ping di kendaraan mistubishi colt diesel canter.Dimana kendaraan ini mengalami steering getar saat kendaraan berjalan di atas kecepatan 70 kilometer per jam.Juga saat melewati jalan beregelombang atau jalan tidak rata steering tidak stabil.

Dari keluhan customer saat datang kebengkel seperti itu sehingga kendaraan perlu dilakukan test drive pertama untuk merasakan apa yang dikeluhkan si pelanggan.Sehingga apa yang dimaksud steering getar dan trouble yang lainya dapat diketahui oleh mekanik untuk nantinya proses perbaikan lebih mudah.

Setelah itu langsung kendaraan roda diagkat bagian depan dan dilakukan pemeriksaan.Digoyangkan roda depannya sehingga akan terlihat bagian mana yang membuat steering getar dan tidak stabil.Bagain kanan dan kiri dikocak-kocak terlihat pada king pin yang gerak bebasnya berlebihan.Untuk king pin kanan dan kiri sama hampir rata kocaknya.

Untuk itu over houle king pin dilakukan untuk memastikan apakah king pin sudah aus atau hanya ada penyetelan yang kurang pas.Karena jika king pin masih bagus bisa dengan cara distel dikasih shim agar king pin mitsubishi colt diesel canter tidak kocak lagi.

Ternyata setelah dilepas dan dibersihkan kingpin sudah aus semua.Harus diganti set kanan dan kiri.Jika diganti set maka ada king pin,bearing,pengunci dan juga tutup king pin atas juga bawahnya beserta shim penyetelnya.Karena jika beli set assy sudah ada lengkap dan tidak usah beli part yang lain.

Info trouble Akibat engine over heat pada mitsubishi colt diesel canter

Ganti king pin kanan kiri dengan penyetelan yang pas yaitu tidak ada play yang terlalu banyak.Jika masih ada play maka pelrlu di berikan shim untuk penyetelnya.Apabila shim terlalu banyak maka bisa mmebuat king ping berat dan akan berpengaruh terhadap kondisi steering yang menjadi berat saat belok.

Setelah ganti king pin dan dilakukan test jalan trouble stering getar dan steering tidak stabil tidak muncul lagi di mitsubishi colt diesel canter.Trouble tersebut sudah sembuh memang dikarenakan king pin yang sudah aus tadi.

Pentingnya timah balancing roda

Sebenarnya untuk masalah king pin yang aus atau kocak dikarenakan kurang perawatan pada bagian suspensinya.Yaitu perawatan grease atau sering disebut dengan istilah nyototi.Yaitu pemberian grease di semua system suspensi agar tetap ada pelumasan setiap bagian yang bergerak.

Baca juga Penyebab temperatur selalu panas pada diesel engine

Karena king pin itu selalu bergerak ke kanan dan ke kiri sesuai dengan steering yang digerakan pengemudi.Maka diperlukan pelumasan secara berkala dengan dikasih grease tadi.Jadi setiap ganti oli mesin bisa dilakukan grease disetiap suspensi depan dan belakang agar bhusing,tie rod dan juga king pin menjadi lebih awet.
Share This :