Kopling Alot Tidak Bisa Masuk Gigi Transmisi Di Kendaraan I Ini Penyebabnya

Kopling Alot Tidak Bisa Masuk Gigi Transmisi Di Kendaraan I Ini Penyebabnya

Pada kendaraan yang menggunakan system kopling hidrolik sering terjadi trouble tentang transmisi susah masuk gigi.Dimana jika sudah susah masuk gigi kemungkinannya adalah kerusakan pada power clutch yang bocor.Hal yang utama ketika terjadi kerusakan adalah ditandai dengan adanya saat masuk gigi transmisi bunyi abnormal.

Dengan seperti hal itu yang terjadi maka harus di cek dari system hidrolik koplingnya.Ada remebsan atau kebocoran tidak pada system koplingnya.Hal yang mudah adalah lihat bagian bawak atau raung engine untuk memeriksa power clutch.Boot penutupnya harus kita buka kemungkinan minyak kopling sudah bocor dan tertutup oleh boot tadi sehingga tidak terlihat rembes atau bcocornya.

Ketika boot di buka maka langsung minyak rem keluar dari power clutch.Apabila sudah terjadi seperti itu harus di over houle untuk power clutchnya,dibuka bagian piston dan di cek untuk rumahnya bagian dalam.

Piston seal apakah sudah rusak sobek atau berubah bentuk.Harus dilakukan penggantian jika sudah seperti ini akan tetapi sebelum mengganti piston harus dilihat rumah dari piston powwr clutch.Apakah sudah termakan aus atau masih halus bagian dalamnya.

Kita bersihkan dengan amplas kemudian dibersihkan dengan sabun dan air bersih.Nanti akan terlihat bagian rumah power clutchnya apakah ada yang aus atau tidak.Jika aus sebaiknya ganti secara assy.Karena jika diganti hanya pistonnya saja maka kemungkinan rembes atau bocor dalam waktu dekat.

Info  trouble  Cara perbaikan mitsubishi mirage yang mogok

Jika bocor harus perbaiki lagi dan akan keluar biaya lagi.Untuk itu jika power clutch sudah aus maka ganti secara assy.Kemungkinan awet untuk kendaraan bisa sampai tiga tahun lebih.Tergantung perawatan penggantian minyak koplingnya secara berkala.

setting camer mundur xpander yang mati

Untuk penggantian minyak kopling sebaiknya dilakukan secara berkala setiap 40.000 kilometer.Dimana ketika ganti minyak rem maka harus include dengan penggantian minyak kopling.Dengan minyak kopling yang baru maka seal didalam power clutch akan selalu awet.

Itulah penyebab kopling susah masuk gigi transmisi.Kopling alot dan bunyi abnormal saat masuk gigi transmisi.Cek bagian tersebut dan lihat apakah penyebanya dari hal tersebut.

Baca juga Masalah yang sering terjadi pada injector diesel common rail system
Share This :