Harus Tahu Gejalanya Rem Belakang Mobil Rembes

Harus Tahu Gejalanya Rem Belakang Mobil Rembes

Di system rem ada rem yang menggunakan cakram dan tromol dan untuk yang akan saya bahas disini adalah rem tromol yang biasa digunakan untuk rem roda belakang pada mobil.

Wheel cylinder merupakan bagian dari system rem pada mobil yang ada dan menempel di roda.Digunakan untuk sistem rem type tromol.Untuk kendaraan kecil digunakan untuk rem bagian belakang mobil.Karena tertutup oleh tromol sehingga rem ini berfungsi dengan baik atau tidak kadang tidak dapat diketahui. 

Rem ini rembes sedikit juga kadang tidak bisa dilihat dari luar.Kalau rembesnya banyak maka minyak rem akan keluar dari tromol sehingga terlihat basah dan bisa ketahuan dari luar kalau system rem bermasalah.

Untuk itu diperlukan pembongkaran di system rem agar terlihat apakah ada bagian yang rembes atau masih dalam keadaan normal.Baru ketahuan dengan cara membuka boot atau karet penutup pada wheel cylinder.

Didalam wheel cylinder ada sebuah piston dan sealnya dimana kadang terjadi rembesan karena seal sudah mulai aus atau karetnya mengecil karena efek bahan kimia dari minyak rem.Seal yang sudah terlalu lama maka akan berubah bentuk mengecil sehingga tidak mampu membuat ruangan menjadi tertutup penuh dan akhirnya terjadi rem bocor.

Hal lainnya jika piston dan seal sudah aus yang perlu dilihat adalah kondisi dari rumah piston atau wheel cylinder itu.Didalam dibersihkan dulu jika perlu di amplas dengan amplas halus agar rumahnya tidak luka.

Info trouble Kerusakan yang sering terjadi pada Mitsubishi truck CANTER

Lihat kondisi didalam apakah ada bagian yang aus atau tidak.Apabila ada yang aus itu juga menjadi penyebab rem rembes,karena jika hanya seal yang diganti maka akan percuma.Akan tetap terjadi rembesan minyak rem.


Apabila sampai rumah sudah aus sebaiknya ganti wheel cylinder secara assy agar hasil perbaikan rem maksimal dan tidak timbul rembesan lagi atau pekerjaan ulang dikemudian harinya.

Baca juga Penyebab Temperatur DIESEL ENGINE Selalu panas 

Setelah perbaikan rem yang rembes jangan lupa langkah terakhirnya adalah membleding minyak rem agar angin yang ada didalam system rem bisa terbuang.Sekalian menguras minyak rem yang sudah keruh diganti dengan minyak rem yang baru.

Share This :