Penyaring Kotoran Kasar Pada Oli Di Mobil_OIL STAINER

Penyaring Kotoran Kasar Pada Oli Di Mobil_OIL STAINER

Oli merupakan part yang digunakan untuk engine sebgai pelumas komponen engine.Dimana jika tidak ada oli maka tidak ada pelumasan sehingga part akan cepat aus dan rusak.Maka dilakukan penggantian oli mesin secara berkala agar tidak terjadi kerusakan di mesin.

Didalam engine oli selalu bersirkulasi terus menerus selama engine dalam keadaan menyala.Maka di setiap komponen ada bagian yang kotor sehingga akan ikut terbawa oleh oli masuk di penampungan oli yaitu carter.

Adanya oli mesin yang tercampur kotoran sehingga perlu dilakukan penyaringan.Terutama penyaringan pertama kali dari carter sebelum masuk ke pompa oli.Maka didalam carter ada sebuah komponen yang bernama Oil Screen yang berfungsi untuk menyaring oli dari kotoran kasar.

Karena oil screen ini terbuat dari besin dan tidak ada penggantian secara berkala.Lubang untuk penyaringan juga lumayan besar sehingga hanya berfungsi untuk menaring kotoran besar dan kasar.Untuk kotoran halus masih bisa masuk dan nantinya akan di saring oleh filter oli.

Baca juga Penyebab Transmisi Susah Masuk Gigi Pada Kendaraan

Filter oli inilah yang sangat utama karena akan menyaring oli dari kotoroan halus.Sehingga oli akan menjadi bersih bebas dari kotoran yang akan menjadi penyebab komponen engine akan cepat aus jika banyak kotoran tercampur dengan oli mesin.


Oil screen ini jarang sekali dilakukan pembersihkan karena letaknya didalam carter sehingga hanya dibersihkan setiap engine over houle atau saat bongkar carter.Kalau tidak ada rembesan oli di carter pun carter tidak akan di perbaiki sehingga oil screen tetap selalu didalam dan jarang sekali tersentuh untuk dibersihkan.

Biasanya oil screen akan tersumbat jika penggunaan oli mesin yyang tidak berkualitas.Oli jelek tersebut akan menjadi lumpur dan mengering seperti kerak.Menempel di oil screen dan akan menutup jalur di luabng filter oil screen.Untuk itu gunakan oli mesin yang bagus dan berkualitas agar didapatkan kondisi mesin yang bersih dan awet tentunya.

Info Service Jangan Sepelekan Jika Waktunya Sudah GANTI TIMING BELT

Share This :