Akibat Jika Tidak Dilakukan Perawatan Berkala Pada BEARING RODA

Akibat Jika Tidak Dilakukan Perawatan Berkala Pada BEARING RODA

 

Pernahkan anda melihat mobil mogok dijalan yang terlihat mencolok dari kondisi mobil yang miring sebelah.Jika kita lihat dengan seksama ada bagian roda yang terlihat bengkok.Hal itu dikarenakan adanya kerusakan bearing roda salah satunya.

Dimana bearing roda sangat penting fungsinya dan bila terjadi kerusakan dijalan saya pastikan mobil tidak bisa berjalan dan harus diperbaiki ditemapt.Seperti bearing yang ambrol diperjalanan maka mobil tidak bisa ditarik karena roda yang bearingnya rusak langsung posisi ban tidak center. 

Untuk itu bagi anda yang punya kendaraan beruba mobil wajib tahu bahwa mobil ini dilengkapi dengan sebuah bearing roda.Dimana bearing roda ini ada masa usia pakai karena selalu berputar saat kendaraan berjalan maka selalu dibutuhkan pelumasan. 

Mungkin dari baru bearing roda hampir tidak pernah dilakukan pelumasan ulang.Grease dari pabrik belum pernah sama sekali diganti dengan grease yang baru.Sehingga setelah bertahun-tahun maka grease dari pabrik ini akan mengering karena gesekan dan juga panas dari bearing yang berputar secara terus menerus.

Untuk itu perawatan bearing perlu dilakukan dengan cara mengganti grease secara berkala.Grease dari pabrik bawaan mobil kita ganti dengan grease baru sehingga bearing akan selalu dapat pelumasan yang baik.

Ada juga grease yang tidak mengering namun akan mencair karena tidak tahan dengan panas yang ditimbulkan oleh bearing yang berputar.Grease dari pabrik biasanya sangat bagus kualitasnya sehingga akan sangat tahan lama.Terutama grease untuk bearing kendaraan pribadi biasanya tidak mencair namun akan mengering seperti jely.

Info service Kerusakan yang sering terjadi pada TRANSMISI Truck CANTER

Untuk grease mobil niaga akan mencair karena memang bearing mobil niaga sangat panas.Bearing yang berputar dengan beban muatan pada mobil akan membuat kerja bearing menjadi lebih berat.Belum lagi dari kondisi jalan yang rusak akan menambah kerja bearing roda semakin berat. 


Kapan terakhir mobil anda dilakukan perawatan secara berkala untuk bearing rodanya.Apakah pernah dilakukan over houle pada bearing dan penggantian grease.Sehingga umur bearing akan lebih lama karena selalu ada pelumasan pada bearing kerika mobil berjalan.

Info Teknik Fungsi Lubang Di Chasis Pada Mitsubishi Pickup L300

Share This :