ANGIN PANAS SAJA yang KELUAR !!! Salah Satu Penyebab AC Di Kendaraan Panas

ANGIN PANAS SAJA yang KELUAR !!! Salah Satu Penyebab AC Di Kendaraan Panas



Pembahasan kali ini tentang trouble pada kendaraan yang mengalami masalah di system acnya yang sangat panas.Mobil dinyalakan dan hanya angin saja yang keluar dari kisi-kisi begitu juga anginya tidak dingin

 

Udara dijalan itu sangat kotor sekali karena banyak sekali kotoran yang berterbangan.Sehingga saat mengendarai kendaraan perlu pintu ditutup agar debu tidak bisa masuk kedalam cabin mobil.Karena mobil tidak dilengkap AC maka jika ditutup akan terasa panas sekali.Lebih baik dibuka agar ada udara masuk akan tetapi udara dari luar sangat tidak sehat.


Dicuaca seperti ini yang panas untuk kendaraan yang tidak dilengkapi air conditioner pasti akan merasakan panas di dalam kabin mobil.Dimana udara panas tersebut dari luar dan jika diluar banyak debu maka akan masuk kedalam kabin yang akhirnya akan kita hirup.

 

Untuk itu perlu dipasangkan AC pada kendaraan agar udara kabin selalu dalam keadaan segar dan tentunya sehat.Untuk kendaraan passanger sangat penting sekali fungsi dari ac ini karena pasti tidak nyaman jika ac nya mati atau tidak berfungsi dengan baik.

 

Kali ini di artikel yang saya tulis akan memberikan informasi mengenai trouble ac di mobil yang sering terjadi.Yaitu ac terasa panas dan hanya angin saja yang di keluarkan dari blower.Angin terasa panas dan tidak ada udara dingin yang keluar dari kisi-kisi dashboard mobil.

 

Banyak sekali penyebab ac tidak berfungsi dengan baik,untuk yang saya bahas adalah kerusakan dari kompresornya.Karena dengan di cek menggunakan pressure gauge saat kendaraan hidup tidak ada tekanan di system highnya.Sehingga kompresor kemungkinan sudah lemah kompresinya.


Suara abnormal berasal dari dalam kompresor,kemungkinanya adalah piston dan valve didalam kompresor sudah rusak dan patah.Nah untuk itu kita harus tahu bahwa kerusakan tersebut dikarenakan kita sebgai pemilik kendaraan tidak care sama mobil kita.Terutama perawatan system ac nya.

 

Juga untuk kompresor sendiri ketika engine hidup ada suara abnormal di kompresornya.Suara kasar seperti bearing yang rusak.Untuk itu kita periksa sebelum dibongkar dengan cara fanblt kita lepas dan kompresor diputar secara manual.


Baca juga Tips mudah dan murah merawat aki mobil

 

Karena jika sudah tidak dingin untuk system ac baru kendaraan dibawa ke bengkel untuk perbaikan.Jika sudah demikian maka wajib ganti kompresor assy atau seglondong.Sebenarnya untuk perawatan ac sendiri ada yang namanya tambah freon dan juga oli kompresor.Jadi ketika oli didalam system ac habis atau berkurang maka system pelumasan juga tidak berfungsi dengan baik.


 

Akhirnya komponen yang bergerak seperti kompresor tadi akan rusak.Karena bekerja dengan berat yang perlu pendinginan dan pelumasan oli ternyata oli berkurang.Rusak dan aus pada komponen didalam kompresornya.Karena didalam kompresor dibutuhkan adanya pelumasan yaitu dari oli dan freon yang menjadi satu.


Info teknik Inilah yang menjadi penyebab ban roda depan cepat aus pada mobil

 

Untuk itu yang belum pernah melakukan perawatan ac secara berkala maka mulai dari sekarang sebaiknya lakukan.Dengan service ac berkala dapat mencegah kerusakan yang lebih fatal pada komponen ac di mobil.Ketika sering melakukan perawatan berkala maka dapat membuat komponen ac mobil menjadi lebih awet.

Share This :