BERIKAN GREASE Secara Berkala !!! Suara Abnormal Pada Mobil Saat Berjalan Bisa Jadi Ini Penyebabnya

BERIKAN GREASE Secara Berkala !!! Suara Abnormal Pada Mobil Saat Berjalan Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Dalam artikel yang akan saya bahas kali ini adalah tentang masalah di kendaraan.Perawatan yang jarang dilakukan akan menyebabkan kerusakan seperti ini.Meskipun sepele namun tetap harus dilakukan agar tidak terjadi kerusakan dan komponen menjadi awet

Mengenai trouble pada kendaraan itu sangat bervariatif dan kali ini saya kedatangan pelanggan yang mengeluhkan mobilnya bunyi abnormal ketika berjalan.Jalan posisi pelan pun sudah muncul bunyi tersebut.Meskipun dalam jalan pelan bunyi tersebut muncul dengan jelas.

Ketika mobil diam dan engine di akselerasi tidak muncul bunyi,hanya ketika berjalan saja trouble itu muncul.Suaranya sangat terdengar jelas yang analisa saya itu ada dibagian mobil yang ikut berputar.Entah dibagian roda bisa dari bearingnya atau dari bagian cross joint propeler shaftnya.

Setelah kendaraan diangkat dengan jackstand maka langsung menuju ke bagian roda di putar secara manual dan tidak ada bunyi abnormal.Kemudian kita menuju bagian propeler shaftnya dan kita putar secara manual ternyata ada bunyi abnormal terdengar.

Langsung dilakukan pelepasan dari rumahnya dan ternyata ada bagian cross joint yang mengalami macet.Dimana untuk cross joint pada kendaraan biasanya ada dua buah dibagian depan dan belakang.Ternyata ada satu bagian yang mengalami kerusakan macet tadi.

Baca juga Tips mudah dan murah merawat aki / battery mobil 

Langsung di bongkar dan memang benar ternyata dalam kondisi kering sudah rusak.Tidak ada grease didalamnya sehingga menjadi penyebab kerusakan cross joint.Maka langsung diganti cross jointnya dengan yang baru dan dipasangkan.

Setelah semuanya terpasang di test drive dan hasilnya tidak muncul lagi suara abnormal.Suara menjadi hilang dan perbaikan kali ini sudah berhasil.Memang penyebabnya adalah dari cross joint tersebut yang kering tidak adanya grease.

Info service Jangan Disepelakan Inilah Pentingnya Selang Radiator Pada System Pendingin Mobil

Untuk itu lakukan perawatan secara berkala pada cross joint dengan selalu dilakukan grease up pada neple cross joint.Maka akan ada terus grease yang didalamnya.Karena mobil selalu berjalan maka cross joint selalu berputar dan diperlukan pelumasan yang berlebih agar tetap awet.

Share This :