OLInya JADI LUMPUR !!! Pemilihan Oli Mesin Yang Salah Pada Mobil Inilah Akibatnya

OLInya JADI LUMPUR !!! Pemilihan Oli Mesin Yang Salah Pada Mobil Inilah Akibatnya

Oli mesin sekarang ini banyak sekali beredar yang yang abal-abal.Dimana dengan harga murah tapi belum tahu nanti kualitasnya bagaimana.Apakah dimesin baik untuk jangka panjangnya atau malah bisa merusak komponen engine.

Perlu diperhatikan bahwa oli mesin harus sesuai spesifikasinya ya karena jika tidak maka akan berakibat fatal.Oli mesin bensin digunakan untuk mobil bensin juga oli mesin diesel digunakan untuk mobil diesel.Karena memang untuk jenis oli dan kandungan didalamnya beda sehingga tidak boleh asal digunakan.

Tingkat kualitas kekentalan oli juga harus diperhitungkan karena banyak jenis oli dengan tingkat sae yang berbeda.Misal dari 0w-20 sampai dengan 20w-50.Dimana oli ini digunakan untuk mobil yang yang tidak sama.Misal mobil anda tahun terbaru dikasih oli 20w-50 maka engine akan terasa berat karena tidak cocok.Sebaiknya gunakan yang 0w-20 lebih encer agar mesin tetap ringan dan halus suaranya meskipun olinya encer.

Oli yang jika digunakan adalah jenis abal-abal maka jika digunakan dalam waktu lama akan berakibat menjadi lumpur.Oli menjadi residu dan semakin lama akan mengeras dan bisa menyumbat saluran oli mesin.Bayangkan jika oli mesin terhambat maka pelumasan di engine tidak berjalan lancar.

Info service Penyebab transmisi alot pada mobil

Komponen akan menjadi rusak karena bergesekan akan semakin lama terjadi keausan.Jika sudah demikian suara mesin kasar dan waktunya dilakukan engine over houle.Seperti gambar diatas adalah contoh penggunaan oli mesin yang tidak baik.

Jika kita buka cover klep maka aka terlihat kotoran lumpur coklat menempel di komponen engine.Jika kita pegang maka seperti bubuk kopi yang halus.Jika tidak dibersihkan dalam jangka lama akan mengeras seperti lumpur yang kering.

Baca juga Pertanda jika muncul asap putih diknalpot pada kendaraan yang perlu anda ketahui

Maka untuk anda pemilik kendaraan sebaiknya lakukan penggantian oli mesin dengan merk yang ternama tentunya dengan harga yang bersaing.Lebih bagus lagi jika ganti oli di deaeler resmi maka dapat dipastikan bahwa oli mesin asli genuine part.

Share This :