KAPAN BUSI DIGANTI !!! Penggantian Yang Tepat Untuk Kendaraan Anda Agar Tidak Mbrebet

KAPAN BUSI DIGANTI !!! Penggantian Yang Tepat Untuk Kendaraan Anda Agar Tidak Mbrebet

Komponen penting didalam mobil gasoline adalah busi.Jika tidak ada busi untuk mobil ini pasti tidak bisa hidup karena engine butuh pembakaran dan salah satunya untuk membakar adalah dengan sebuah percikan bunga api.

Kendaraan gasoline sebagai penghasil pengapian atau percikan bunga api agar kendaraan hidup adalah dengan adanya komponen yang di sebut dengan busi.Dimana busi ini ada yang jumlahnya delapan atau empat di setiap kendaraan.

Karena setiap kendaraan berbeda.Ada setiap mobil yang di dalam silinder ada dua buah busi seperti yang ada di honda jazz.Maka untuk itu jika diganti pun harus duan-duanya agar stabil.

Tergantung type mobil yang menggunakan busi empat atau delapan.Meskipun kendaraan dengan empat silinder namun businya ada delapan.Jadi untuk setiap silinder ada dua buah busi di ruang bakarnya.Namun untuk kendaraan yang umum setiap silinder menggunakan satu buah busi.

Jadi dalam engine empat silinder ada empat busi juga.Busi yang sudah aus ujung electrodanya dan juga daya pengapianya akan berpengaruh terhadap performa engine.Engine akan mbrebet dan tenaga kurang juga konsumsi bahan bakar akan boros.

Mengapa bisa boros karena jika pengapian kecil bahan baakr yang terbakar tidak akan sempurna hasilnya tenaga lemah.Dengan begitu maka banyak bahan bakar yang tidak terbakar meskipun kendaraan di geber terus pedal gasnya.

Untuk itu jika api busi besar dan bagus maka pembakaran sempurna dan tenaga engine akan didapatkan.Dengan menginjak pedal gas sedikit maka tenaga engine sudah oke.Busi jika kotor pun akan berpengaruh sekali terhadap tenaga engine.

Banyak yang belum tahu bahwa kendaraan yang menggunakan sebuah busi ternyata perlu diganti secara berkala.Tidak hanya diganti waktu sudah mati dan terjadi trouble akan tetapi diganti meskipun ujung electroda masih panjang dan tidak aus.

Penggantian busi sesuai instruksi dari pabrik adalah setiap 20.000 kilometer secara berkala.Mungkin dimaksudkan bahwa barang electronic ini yaitu busi di usia 20.000 km sudah melemah fungsinya dengan bentuk fisik yang masih bagus.Jika mau hemat dengan kilomoter 20.000 km sebaiknya dibersihkan saja jika mau hemat.

Info service Tips paling mudah dan murah dalam merawat aki mobil

Akan tetapi dengan petunjuk itu sebaiknya ganti di kilometer 20.000km.Mungkin bentuk masih bagus akan tetapi keramik atau komponen yang ada didalam busi melemah.Pengapian akan kecil dan berakibat seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Kadang terlihat keramik busi berubah warna menjadi coklat yang menandakan bahwa busi terlalu panas dan sebaiknya dilakukan penggantian.Berbeda untuk type iridium yang harganya sangat mahal yaitu untuk satu busi bisa sampai seratus ribu lebih.Dibandingkan dengan busi biasa yang hanya tiga puluh ribuan.

Baca juga Fungsi lubang yang ada di chasis kendaraan mitsubishi pickup L300

Namun untuk busi iridium diganti secara berkala setiap 100.000 kilimeter.Dengan kualitas yang bagus dari busi ini sehingga sangat dicari dan dipakai untuk beberapa kendaraan sport.Karena hasil pengapian lebih baik dari pada type busi yang biasa.

Share This :